Tak Didisain Jadi Tempat Bising, Wacana Pembangunan Beach Club di Sanur Bali Ditolak

Rencana pembangunan beach club di Sanur yang ditolak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali,VIVA – Pulau Dewata mempunyai wisata pantai yang mempunyai daya pikat untuk menarik wisatawan. Bali juga sebagai salah satu daerah yang mempunyai tempat hiburan berupa beach club di daerah seperti Canggu, Pecatu, Kuta atau Nusa Dua. 

Inti Mitbana Perkenalkan Kawasan Hunian TOD di Tangerang

Sementara itu, wacana akan ada pembangunan beach club di Sanur mendapat penolakan dari sejumlah pihak. Konsep pariwisata di Sanur didesain bukan untuk jadi tempat hingar bingar penuh kebisingan.

Sebelumnya, di sepanjang jantung wisata di Sanur sempat berdiri satu club pantai, Artotel Beach Club (ABC). Namun, dampak dari pandemi Covid-19 membuat club pinggir pantai harus tutup sampai sekarang.

Libatkan Masyarakat Bekasi, Begini Jurus PP Properti Pasarkan Proyek Grand Kamala Lagoon

Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan, dalam perencanaan awal, kawasan Sanur dirancang untuk kelas menengah sehingga membutuhkan suasana tenang.

"Dari perencanaan seperti kawasan Nusa Dua dirancang sebagai kawasan wisata high, maka di situ jauh dari pemukiman," kata Tjok Bagus Pemayun di Kantor Dispar Provinsi Bali, Kamis, 1 Agustus 2024.

JK soal Ridwan Kamil Ditolak Sejumlah Warga Jakarta: Ada Pro dan Kontra, Biasa Saja

Hal yang sama juga berlaku untuk wilayah Kuta. Dengan regulasi yang mendukung, pembangunan di ikon wisata Bali itu berjalan sesuai dinamika yang berkembang.

"Karena tata ruang detailnya ada di Kabupaten/Kota, kalau berbasis OSS kan berdasarkan risiko," kata Tjok Bagus.

Penolakan terhadap adanya pembangunan beach club juga diungkapkan oleh komunitas hotel di Sanur.

"Meski secara tidak langsung, kami di komunitas Sanur hotel tidak mau ada beach club," kata General Manager Prama Hotel I Gusti Bagus N. Surya Candra Sasmita.

Jalur menuju puncak Bogor macet dari arah Jakarta. (ilustrasi)

Libur Maulid Nabi Puncak Bogor Macet Parah, Okupansi Hotel Melati hingga Bintang 5 Tembus 100 Persen

Kemacetan parah saat libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad di Puncak, Bogor, Jawa Barat, membuat okupansi hotel di kawasan tersebut meroket.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024