Alasan Jokowi Belum Terbitkan Keppres IKN: Hitung Pelantikan Prabowo Jadi Presiden

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers bulan kemerdekaan di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024 (sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) belum menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari yang semula di Jakarta. 

Hasto Blak-blakan soal Peluang PDIP Gabung Pemerintahan Prabowo

"Belum, belum (diterbitkan)," kata Pratikno kepada wartawan, Kamis, 1 Agustus 2024.

Pratikno menjelaskan banyak hal yang menjadi pertimbangan sehingga Jokowi belum menerbitkan Keppres perpindahan IKN. Salah satunya karena pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

HPJI Dorong Pemerintahan Prabowo Benahi Sektor Logistik RI, Ini yang Jadi Sorotan

Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024 (sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

"Jadi Keppres untuk pemilihan ibu kota negara itu kan banyak variabel yang harus dihitung, jadi salah satunya tentu saja adalah pelantikan presiden," ucap dia.

Heboh 6 Juta NPWP Termasuk Jokowi hingga Sri Mulyani Diduga Bocor, Ditjen Pajak Buka Suara

"Pelantikan presiden itu kan harus dilaksanakan di ibu kota negara, jadi kalau ada Keppres pemindahan berarti harus siap juga untuk tempat pelantikan presiden dan wakil presiden yang baru. Jadi itu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Sampai sekarang Keppres belum diterbitkan," sambung dia.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono berbicara kemungkinan surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur terbit setelah upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Ya mungkin saja," ujar Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta Pusat, Selasa, 30 Juli 2024.

Di sisi lain, Heru tetap memastikan upacara HUT RI ke-79 di IKN berjalan sesuai rencana. Ia mengaku, sedang mempersiapkan acara HUT RI di dua lokasi, yaitu IKN dan Jakarta.

"Tapi yang jelas proses 17-an di IKN tetap berjalan, kita rapikan semua. Saya fokus mengurusi konsentrasi untuk suksesnya penyelenggaran 17-an di IKN, dua ya di IKN dan Jakarta," ujar dia.

Heru menjelaskan proses penertiban Keppres IKN tetap berproses meski secara perlahan. Ia menegaskan bahwa seluruh rangkaian acara upacara kemerdekaan di IKN sudah siap, termasuk pengamanan dan persiapan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya