Upacara Militer Peringatan HUT RI ke-79 Digelar di IKN, Istana Jakarta Mengikuti

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers bulan kemerdekaan di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024 (sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 akan digelar di dua lokasi berbeda, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke-79 di IKN. Sementara upacara di Istana Merdeka mengikuti pelaksanaan di IKN.

"Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, waktunya mengikuti waktu Indonesia Barat, upacaranya atau upacara militer dilaksanakan di IKN dengan inspektur upacara Bapak Presiden. Sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN," kata Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024.

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024 (sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Pratikno menyebut upacara penurunan bendera merah putih juga turut diselenggarakan di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Merdeka, Jakarta.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

"Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat baik di IKN maupun di halaman Istana Merdeka, Jakarta," ungkapnya.

Adapun sebelum upacara peringatan HUT RI ke-79, pemerintah juga akan menyelenggarakan apel kehormatan dan renungan suci di dua lokasi berbeda yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

"Di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden dan Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Negara di IKN, Ibu Kota Negara Nusantara dipimpin oleh Bapak Presiden itu diselenggarakan dini hari pukul 00.00 tanggal 17 Agustus," pungkas dia.

Agustin Teras Narang

Senator Teras Narang: Jangan Sampai IKN Nusantara untuk Kepentingan Konglomerasi

Senator RI Agustin Teras Narang mendorong Prabowo Subianto dan kabinet memiliki tim akselerasi pembangunan IKN Nusantara beserta wilayah Kalimantan pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024