Sudirman Said Bocorkan Pertanyaan Tes Tertulis Capim KPK

Sudirman Said usai ikuti tes tulis Capim KPK, Rabu, 31 Juli 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Mantan Menteri ESDN Sudirman Said mengatakan prioritasnya jika dirinya dipercaya menjadi pimpinan KPK periode 2024-2029. Ia menyebutkan bahwa dirinya akan mengembalikan reputasi lembaga antirasuah.

KPK Bisa Jemput Paksa Bos Mineral Trobos di Kasus Dugaan TPPU Abdul Gani Kasuba, Begini Alasannya

"Kalau saya prioritas sekarang adalah mengembalikan reputasi KPK, dan kembali lagi saya katakan pimpinan KPK ke depan itu tugas utamanya adalah konfigurasi internal, menampilkan diri sebagai teladan, menampilkan keteladanan," ujar Sudirman Said di lokasi, Rabu 31 Juli 2024.

Co-captain Timnas Amin Sudirman Said

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Pansel Siapkan 4 Penguji di Tes Wawancara Capim dan Cadewas KPK, Siapa Saja?

Sudirman menuturkan bahwa dalam tes tulis calon pimpinan (capim) KPK tidak ada pertanyaan mengenai kasus korupsi yang tengah diusut lembaga antikorupsi.

Ia pun mengatakan, saat melakukan tes tulis capim KPK terdapat empat pertanyaan wajib dan dua pertanyaan pilihan. Dalam pertanyaan itu, tidak ada pertanyaan yang menyangkut kondisi internal KPK saat ini.

Disindir Ketua KPK, Istana: Presiden Terbuka Bertemu dengan Siapa Saja, Tapi...

"Tidak ada pertanyaan yang menyangkut masalah masalah internal KPK. Tapi saya juga menekankan salah satu yang diperlukan adalah harus ada konsolidasi. Itu prioritas bagi siapapun nanti yang dipilih," kata dia.

Sudirman mengaku ketika mengikuti tes tulis, tak ada rasa gugup sedikitpun.

Sebelumnya diberitakan, Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (dewas) KPK menggelar tes tertulis hari ini, Rabu 31 Juli 2024 di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan.

Ketua Pansel Muhammad Yusuf Ateh mengatakan bahwa tes tertulis untuk capim dan dewas KPK hari ini terkait dengan pemberantasan korupsi.

"Pokoknya tentang KPK dan pemberantasan korupsi," ujar Ateh kepada wartawan, Rabu 31 Juli 2024.

Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Ateh menjelaskan bahwa tes tertulis tersebut dibuat secara langsung oleh Tim Pansel. Ia menyebut pembuatan tes tertulis itu juga turut melibatkan sejumlah ahli.

"Disusun pansel, dinilai oleh ahli. 11 atau 12 (ahli)," kata Ateh.

Diketahui, tes tertulis akan digelar pagi ini. Test tertulis itu dibagi menjadi dua bagian, yang mana pagi sampai siang hari untuk Capim KPK. Kemudian siang sampai sore hari akan dilanjut tes tertulis calon Dewas KPK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya