Tim Pansel Bakal Umumkan Capim KPK Lolos Tes Tulis Pekan Depan

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • KPK.go.id

Jakarta, VIVA – Ratusan calon pimpinan (Capim) KPK telah rampung mengikuti tes tulis di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekertariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli 2024.

Ketua Pansel Bakal Setor Hasil Tes Capim KPK ke Presiden Awal Oktober 2024

Anggota Pansel Capim KPK, Elwi Danil mengatakan bahwa pengumuman hasil tes tulis Capim KPK ini pekan depan yakni pada Kamis, 8 Agustus 2024.

"Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024," ujar Elwi Danil di lokasi.

KPK Tahan 4 dari 5 Orang Tersangka di Kasus Korupsi Pengadaan Lahan di Rorotan

Ilustrasi Gedung KPK.

Photo :
  • ANTARA/Reno Esnir

Elwi menjelaskan bahwa pengumuman akan diunggah melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).

Jika jadi Pimpinan KPK, Irjen Setyo: Lebih Baik Merusak Kolegialisme daripada Institusi

Ia menegaskan bahwa tes tulis ini akan dikoreksi secara serius oleh orang-orang yang sudah dipilih oleh Tim Pansel. Menurutnya, setiap pertanyaan tes tulis Capim KPK bobot nilainya 100.

"Pokoknya hasil jawaban tes tertulis ini akan diperiksa dan dinilai oleh profreeader yang ditunjuk oleh panitia seleksi. Mereka semua dari kalangan akademisi dan mereka semua adalah orang-orang yang ahli di bidangnya," ujarnya.

"Mereka yang dinyatakan lolos pada tes tertulis ini nanti akan dilakukan profile assesment," kata Elwi.

Sebelumnya diwartakan, Panitia Seleksi (Pansel) menggelar tes tertulis hari ini, Rabu 31 Juli 2024 di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekertariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan. Sejumlah nama beken yang sudah lolos administrasi pun sudah hadir.

Berdasarkan pantauan, nama-nama beken yang lolos administrasi dan mengikuti tes tulis Capim KPK sudah datang.

Di antaranya yakni Kapuspenkum Kejagung RI Harli Siregar, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Johanis Tanak, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wawan Wardiana.

Kemudian, ada juga Kajati Bali Ketut Sumedana, Eks Kapolda Lampung Irjen (Purn) Ike Edwin, Komisioner Kompolnas RI Poengky Indarti, Anggota DPR RI Komisi III Johan Budi. Mantan Menteri ESDM Sudirman Said, Sekretaris Jenderal KPK Cahya H Harefa.

Sebanyak 236 orang yang lolos administrasi Capim KPK pun kini sudah mulai masuk ruangan untuk menjalani tes tulis. Mereka mulai masuk ruangan sekira pukul 08.20 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya