Temui Presiden Erdogan, Prabowo Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan RI-Turki

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an.
Sumber :
  • Humas Setjen Kemenhan

Ankara, VIVA - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan di Ankara, Turki, Selasa, 30 Juli 2024. Ada beberapa isu yang dibicarakan Presiden RI terpilih itu dengan Erdogan.

Temui Parlemen Uzbekistan, Ibas Dorong Penguatan Kerja Sama: Kita Siap Kolaborasi

Kedatangan Prabowo di Istana Kepresidenan Turki  secara resmi disambut dengan prosesi kenegaraan. Selanjutnya, Prabowo dan Erdogan melakukan pertemuan terbatas.

Agenda pertemuan dua tokoh itu merupakan bagian penguatan kemitraan kerja sama strategis antara Indonesia - Turki. Kerja sama itu di antaranya terkait sektor pertahanan dan industri pertahanan. 

Situs Gerindra.org Diadukan ke Polisi, Diduga Berupaya Adu Domba Jokowi-Prabowo

Menhan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Turki Yasar Guler.

Photo :
  • Humas Setjen Kemenhan

Prabowo menuturkan peran penting yang dijalankan oleh Indonesia dan Turki sebagai pemimpin di kawasan yang harus memiliki kontribusi besar terhadap perdamaian dunia. Kata dia, Indonesia dan Turki merupakan negara yang bersahabat.

Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum Kadin di Munaslub, Anindya Bakrie Ingin Lapor ke Jokowi

“Bersahabat dan mitra dalam kerja sama pertahanan. Hubungan ini harus ditingkatkan dalam rangka membangun rasa saling percaya dan peningkatan kapasitas angkatan bersenjata maupun sektor industri pertahanan kedua negara,” ujar Prabowo.

Adapun dalam rangkaian kunjungan ke Ankara, Prabowo juga sempat bertemu dengan Menlu Turki Hakan Fidan, Menhan Turki Yaşar Guler. Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga melihat sejumlah industri pertahanan Turki. 

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Menhan Turki Yasar Guler, Prabowo menyampaikan hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki yang genap memasuki usia 74 tahun. Prabowo menaruh harapan agar tahun ini kerja sama antara Indonesia dan Turki bakal makin bisa diperkuat. 

Dikatakan Prabowo, Turki dipandang sebagai negara sahabat yang penting dan sudah lama saling bangun kerja sama di bidang pertahanan dengan Indonesia.

“Saya melihat masih banyak potensi kerja sama di bidang pertahanan yang saling menguntungkan bagi kedua negara. Ini jadi peluang bagi Indonesia dan Turki untuk semakin meningkatkan kerja sama di masa mendatang,” jelas Prabowo. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya