Serba Serbi Jokowi Kerja Perdana di Istana Garuda IKN

Presiden Jokowi Mulai Kerja Perdana di Kantor Presiden IKN Nusantara
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu, 28 Juli 2024. Kepala Negara bersama Ibu Negara berangkat ke Kalimantan Timur melalui Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Adapun, maksud bertolaknya Presiden Jokowi ke Kalimantan Timur dalam rangka bermalam dan bekerja pertama kalinya di Kantor Kepresidenan, yang berada di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kini, Kantor Presiden di IKN itu diberi nama Istana Garuda.

Pantauan VIVA pada Minggu, 28 Juli 2024, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Pangkalan Udara Halim pada Minggu, sekitar 11.15 WB. Tampak, Presiden Jokowi memakai kemeja putih dilapisi jas hitam dan dasi. Sedangkan, Ibu Iriana memakai baju kebaya warna krem dengan kain selendang batik di pundak kanan sambil memegang kipas kayu.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Ternyata, kunjungan kerja Presiden Jokowi pada akhir pekan itu ke IKN mengajak sejumlah influencer atau selebritas ternama seperti Nagita Slavina, Irwansyah, Ananda Omesh bersama istrinya Dian Ayu Lestari, Gading Marten, Atta Halilintar bersama istrinya Aurel Hermansyah, serta Youtuber Wilile Salim. Sementara, Raffi Ahmad suami dari Nagita Slavina langsung menunggu di Kalimantan Timur.

Begitu Jokowi tiba di Pangkalan Udara Halim, sejumlah pegiat media sosial yang diundang langsung menghampiri untuk bersalaman dan berbincang santai di sebuah ruangan VIP. Tak lama kemudian, Ibu Iriana keluar dari ruangan tersebut sekira jam 11.25 WIB disusul oleh Presiden Jokowi bersama influencer.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Iriana menuju Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 untuk persiapan terbang menuju Provinsi Kalimantan Timur. Sebelum naik masuk ke pesawat, sejumlah influencer meminta foto bersama terlebih dahulu dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Sedangkan, para influencer naik pesawat berbeda dengan Jokowi.

Adapun, rombongan Presiden Jokowi mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur sekira jam 13.55 WITA. Begitu tiba, Presiden Jokowi langsung berubah kostumnya. Terlihat, Jokowi dan Iriana memakai jaket pas keluar dari dalam Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Tampak, Presiden Jokowi memakai jaket warna hitam dengan tulisan ‘Nusantara. Menuju Indonesia Emas’, dan Ibu Iriana memakai jaket warna putih. Keduanya turun dari pesawat beriringan dan di bawah disambut Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Nanang Avianto, serta sejumlah influencer.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Iriana menuju jalan tol untuk meresmikan Jembatan Pulau Balang, Kabupaten Penajam Paser Utara. Ternyata, Presiden Jokowi dari jalan tol menuju lokasi peresmian Jembatan Pulau Balang menggunakan sepeda motor konvoi bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan influencer.

Di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)/Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni.

Sedangkan, influencer yang ikut kunjungan kerja ke lokasi peresmian Jembatan Pulau Balang dan jalan tol menuju IKN naik motor antara lain Nagita Slavina, Irwansyah, Ananda Omesh bersama istrinya Dian Ayu Lestari, Gading Marten, Atta Halilintar bersama istrinya Aurel Hermansyah, serta Youtuber Wilile Salim.

Jenis Motor yang Ditunggangi Jokowi

Presiden Jokowi Naik Motor Cek Jalan Tol Menuju Jembatan Pulau Balang, Kaltim

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Presiden Jokowi mengemudi sendiri motor yang sudah dimodifikasi warna hijau. Terlihat, Jokowi memakai helm dan jaket. Adapun, menteri yang mengikuti Jokowi adalah Basuki dan Raja Juli. Sedangkan, sejumlah influencer juga mengikuti di belakangnya.

Sementara, sepeda motor yang ditunggangi Jokowi jenis Kawasaki W175-2018 yang dimodifikasi dengan kapasitas jumlah silinder 177 cc, jumlah silinder 1, dan transmisi manual, 5 tingkat percepatan.

Kemudian jenis ban depan dan belakang 5.00-16, pelek depan Aluminium 3.00-16, pelek belakang Aluminium 3.50-16. Lampu belakang Aftermarket, lampu Sein Aftermarket LED, tutup tangki Custom Duralium, dan Tangki Stock Custom W175.

Spatbor depan handmade plat galvanis 1,2 mm, spatbor belakang handmade plat galvanis 1,2 mm, jok handmade custom dengan link teknis suspense, kulit jok kulit sintetis hitam, knalpot standar Kawasaki W175, Velocity stuck handmade, spion dan speedometer aftermarket, stang model Drag Bar.

Resmikan Jembatan Penghubung IKN

Presiden Jokowi Meresmikan Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Timur, Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Jembatan Pulau Balang, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Minggu, 28 Juli 2024. Kata Jokowi, Jembatan Pulau Balang ini merupakan penghubung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

“Alhamdulillah, kita resmikan infrastruktur pendukung IKN Nusantara, kita resmikan Jembatan Pulau Balang,” kata Jokowi.

Menurut dia, Jembatan Pulau Balang ini menyeberangi Teluk Balikpapan yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, atau juga penghubung Provinsi Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan. “Jembatan ini dibangun sejak 2015 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp1,43 triliun,” ujarnya.

Balapan Motor dengan Menteri Basuki di Jalan Tol IKN

Presiden Jokowi Naik Motor Cek Jalan Tol Menuju Jembatan Pulau Balang, Kaltim

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Untuk menuju ke lokasi Peresmian Jembatan Pulau Balang, Jokowi mengendarai sepeda motor konvoi bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan influencer. Menurut dia, jalan tol yang dilintasinya cukup mulus.

Adapun, menteri yang ikut motoran bareng Presiden Jokowi di antaranya Menteri Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Raja Juli Antoni. Sedangkan, influencer yang ikut motoran antara lain Raffi Ahmad boncengan dengan istrinya, Nagita Slavina, Irwansyah bersama Zaskia Sungkar, Ananda Omesh bersama istrinya Dian Ayu Lestari, Gading Marten, Atta Halilintar bersama istrinya Aurel Hermansyah, serta Youtuber Wilile Salim.

“Saya mengajak beliau-beliau ini coba jalan tol semuanya naik motor merasakan jalan tol menuju IKN. Meskipun belum selesai 100 persen, Alhamdulillah tadi lancar, mulus dan nyaman. Paling tidak ada contoh-contoh dulu meskipun itu belum selesai, masih ada satu layer lagi di atasnya nanti langsung kelihatan mulusnya. Tapi yang paling penting, kanan kirinya Pak PU harus super hijau,” kata Jokowi.

Bahkan, Jokowi mengaku balapan dengan Menteri Basuki. Sebab, kata dia, Basuki mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan tinggi di jalan tol. Sehingga, Jokowi harus menyesuaikan juga agar tidak tertinggal jauh oleh Menteri Basuki.

“Menteri PUPR Pak Basuki menyebabkan kita tadi harus ngebut, di depan ngebut terus. Kalau kita enggak ikutan ngebut, kita ketinggalan jauh,” kata Jokowi saat meresmikan Jembatan Pulau Balang.

Ajak Artis ke Kantor Presiden IKN

Presiden Jokowi dan sejumlah influencer-artis di IKN Nusantara.

Photo :
  • Akun X Jokowi

Meski hari Minggu, Presiden Jokowi mengajak sejumlah artis untuk menikmati senja di Istana Garuda IKN hingga Magrib tiba. Nah, sejumlah artis yang diajak Presiden Jokowi ke Kantor Kepresidenan IKN terlihat ada yang memakai celana berbahan jeans atau levis.

Usai Salat Magrib, Jokowi dan Iriana mengunjungi Sumbu Kebangsaan yang letaknya tidak jauh dari Istana Negara IKN sekira jam 18.16 WITA. Terlihat, Presiden Jokowi memakai kaos hitam lengan panjang dengan pin di dada dan celana levis warna hitam. Sedangkan, Ibu Iriana memakai kemeja putih, kerudung biru dan celana jeans warna biru juga.

Di Sumbu Kebangsaan, Jokowi mengajak para influencer untuk melihat keindahan cahaya lampu dan konsep jalanannya yang liuk-liuk. Di sana, Presiden Jokowi tidak lama karena harus melanjutkan perjalanan untuk makan malam bersama di Glamping IKN Nusantara.

Makan Malam di Glamping IKN

Dari Sumbu Kebangsaan, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Glamping IKN Nusantara untuk makan malam bersama Ibu Negara Iriana, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan artis pada Minggu, 28 Juli 2024. 

Di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sekaligus Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dengan cahaya lampu yang tak begitu terang, Presiden Jokowi bersama Iriana menikmati hidangan makan malam bersama influencer. Sambil menyantap sajian makan malam, Presiden Jokowi juga menyaksikan penampilan live musik agar terasa hidup suasananya.

Secara bergantian, sejumlah artis yang hadir makan malan tampaknya menyumbangkan suaranya di hadapan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Di Glamping IKN, Jokowi menghabiskan waktu sekitar 1 jam lebih.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Istana Negara IKN untuk istirahat dan bermalam. Sebab, Presiden Jokowi pagi harinya akan mengawali kerja perdananya di Istana Garuda IKN pada Senin, 29 Juli 2024. Sementara, para influencer menginap di sebuah hotel kawasan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tidurnya Enggak Nyenyak

Kamar Tidur Jokowi di IKN

Photo :
  • Instagram @jokowi

Pada Senin pagi, Presiden Jokowi mulai berkantor pertama di Istana Garuda IKN. Pada hari perdana kerjanya itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Terlihat, keduanya memakai baju kemeja putih lengan panjang.

Sebelum beraktivitas, Presiden Jokowi ditanya wartawan bagaimana tidurnya pertama kali di Istana Kepresidenan IKN bersama Ibu Iriana. Ternyata, Jokowi menyampaikan apa adanya kalau tidurnya di IKN tidak nyenyak.

“Enggak nyenyak. Saya harus ngomong apa adanya,” kata Jokowi sambil tertawa.

Mungkin, Jokowi mengatakan baru pertama kali menginap di Istana Kepresidenan IKN Nusantara. “Ya mungkin karena ini kan yang pertama kali, saya masih belum nyenyak,” ujarnya.

Ajak Wartawan Lihat Progres Pembangunan IKN dari Balkon Istana Garuda

Presiden Jokowi Bersama Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden IKN Nusantara

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi mengajak sejumlah wartawan untuk melihat dan berkeliling ke sebuah titik area Istana Garuda di IKN Nusantara. Awalnya, Presiden Jokowi memperlihatkan lobi Kantor Presiden kepada awak media.

Kemudian, Jokowi mengajak wartawan untuk melihat progres pembangunan IKN dari view wing deck atau balkon Istana Garuda. Di situ, Presiden Jokowi bersama Pratikno melihat progres pembangunan IKN dari atas Istana Garuda sambil berbincang santai dengan wartawan. 

Meski matahari cukup terik di pagi hari, tapi Jokowi menikmati suasana di balkon Istana Garuda. Karena kata dia, matahari pagi itu sehat sehingga tidak kepanasan. “Tidak panas, ini matahari pagi sehat,” kata Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengajak wartawan ke ruang konferensi pers. Begitu tiba di ruangan konferensi pers, Presiden Jokowi sempat duduk di bangku warna putih bersama Pratikno. Di ruangan itu, terlihat sejumlah bangku yang dijajarkan rapi. Selain itu, tampak juga Bendera Merah Putih tersusun rapi dan di tengahnya ada lambang Burung Garuda.

Basuki Ungkap Penyebab Jokowi Enggak Bisa Tidur Nyenyak di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Wamen ATR Raja Juli

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Plt Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkap alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum bisa tidur nyenyak di Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan timur.

“Iya, karena AC-nya,” kata Basuki di Istana Garuda IKN Nusantara pada Senin, 29 Juli 2024.

Menurut dia, AC yang ada di ruangan Presiden Jokowi tidak berasa dingin. Padahal, kata dia, AC sudah terpasang di semua ruangan dan terasa dinginnya. “Ada AC-nya, karena sealernya belum terisi air atau bagaimana. Ini open aja kan karena AC-nya. Tapi di ruangan lain dingin,” ujarnya.

Di samping itu, Basuki mengatakan padahal Istana Kepresiden IKN sudah diadakan kegiatan doa besama. “Padahal kemarin sudah tumpengan, sudah doa bersama,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya