325 Calon Taruna Akpol 2024 Diterima SSDM Polri, 284 Pria, 41 Wanita

Calon Taruna Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta – Dari 490 calon taruna Akademi Kepolisian (catar Akpol) yang mengikuti seleksi di tingkat pusat hingga akhir, hanya 325 orang yang bakal lulus terpilih. Sebanyak 325 catar yang lulus terpilih terdiri dari 284 calon taruna dan 41 calon taruni.

Irwasum Komjen Dofiri Didesak Periksa Kapolda Sulsel Irjen Andi Rian Karena Hal Ini

Hal itu diungkap Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri), Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

"Dari jumlah 490 sampai dengan tes akhir ini, tahun ini kita akan menerima 325 taruna dan taruni. Dari 325, 284 adalah taruna dan 41 adalah taruni," ujar dia, Minggu, 28 Juli 2024.

Polri Bentuk Satgas Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI

Dirinya menyebut, panitia melakukan perangkingan dengan menggabungkan catar reguler, rekrutmen proaktif (rekpro) juga kuota. Lalu, panitia bakal memilih catar dengan nilai yang paling tinggi serta sesuai kuota masing-masing polda.

"Yang menentukan kelulusan diri kalian sendiri, bukan orang lain. Kalian berjuang sendiri, kalian bisa mengukur kemampuan sendiri, dan kalian bisa melaporkan pada bapak dan ibu kalian. Ini hasil murni, jerih payah dan kerja keras para calon taruna dan taruni," katanya.

Masa Kuliah Mahasiswa Bisa Dipersingkat Lewat Program RPL

Untuk diketahui, sidang akhir seleksi tingkat pusat taruna dan taruni Akpol 2024 digelar hari ini. Jumlah taruna dan taruni yang menjalani sidang akhir adalah sebanyak 490 orang.

Mereka menjalani karantina selama 21 hari menjalani serangkaian tes dan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan administrasi, tes akademik, asesmen mental ideologi, pemeriksaan psikologi, serta penelusuran mental kepribadian. Kemudian pula uji kesamaptaan jasmani dan anthropometri, sampai pemeriksaan penampilan.

Ilustrasi Polri.

Soal Kenaikan Anggaran Polri Jadi Rp 126 T, Pengamat: Tak Perlu Dipermasalahkan

Anggaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) naik 7,84 persen dari Rp117,41 triliun jadi Rp126,62 triliun dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024