Indramayu Jadi Kawasan Industri, Bupati Nina Agustina Utamakan Warga Lokal Jadi Pekerja

Presiden Jokowi dan Bupati Indramayu Nina Agustina
Sumber :
  • Istimewa

IndramayuBupati Nina Agustina dibantu dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan perangkat pemerintah lainnya, tengah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menyambut terlaksananya Kabupaten Indramayu sebagai kawasan industri.

Terancam PHK, Serikat Pekerja Sektor Tembakau Protes Kenaikan Cukai Rokok

Digadang-gadang dengan total 6 kawasan yang disiapkan Bupati Nina untuk Kawasan Peruntukan Industri (KPI), maka akan menyerap ratusan ribu masyarakat lokal Indramayu sebagai tenaga pekerja.

"Sudah pasti yang saya utamakan adalah warga lokal. Walaupun mungkin penyerapan warga lokal sebagai tenaga kerja secara bertahap, karena kan mungkin dari perusahaan atau pabriknya juga punya pegawai tetap mereka, internal lah, tenaga ahli," ujar Nina dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 27 Juli 2024.

Resmikan Islamic Financial Center, Jokowi Jelaskan Efeknya ke Ekonomi Syariah

Bupati Indramayu Nina Agustina

Photo :
  • Istimewa

Bukan hanya sebagai tenaga pekerja, namun ketika kawasan industri tersebut sudah siap berjalan, maka sumber pendapatan bisa juga didapatkan dengan memanfaatkan lahan yang ada, ataupun potensi-potensi lainnya yang dapat meningkatkan perekonomian warga lokal.

Pelaku Industri Ungkap Bahaya Kemasan Polos Produk Termbakau

"Bisa buka warung di kawasan industri itu kan, lalu bisa juga buka kos-kosan, dan lain-lain seperti contohnya kawasan Perindustrian di Demak yang tempo lalu kita berkunjung ke sana. Itu terbukti banyak warga lokal yang terlibat dalam perputaran ekonomi di situ," kata Nina.

Lebih lanjut, Nina menegaskan, dengan semua rencana yang segera terealisasikan itu, target utamanya adalah menjadikan masyarakat Indramayu lebih sejahtera lagi.

"Intinya ke situ. Indramayunya maju, Masyarakatnya Sejahtera. Pokoknya kerja baik. Kerja nyata," lanjutnya.

Bupati Indramayu Nina Agustina

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu diakui Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Nonon Citra Wulandari, keseriusan Bupati Nina Agustina untuk persiapkan Indramayu sebagai kawasan industri dan menyerap tenaga lokal, bisa dilihat dari kunjungan studi banding ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah untuk mempelajari kesuksesan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang beberapa waktu lalu, hingga mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas agar masyarakat siap memasuki pasar kerja.

"Jadi sudah banyak hal atas inisiasi dan perintah langsung dari ibu Bupati untuk kesiapan Indramayu menjadi kawasan industri. Termasuk melakukan peninjauan rutin pabrik sepatu PT Sun Bright di Kerangkeng itu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya