Kapolri Rotasi 6 Jabatan Kapolda, Berikut Daftarnya

Kapolri Mutasi Perwira Tinggi (pati) dan Perwira Menengah (pamen)
Sumber :
  • Divisi Humas Polri

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi 157 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri. Termasuk dalam hal ini merotasi enam jabatan Kapolda di Indonesia. 

Bripka Joko Jadi Penggali Kubur Secara Sukarela, Irjen Sandi Sampaikan Pesan Kapolri

Rotasi tersebut teregister dalam Surat Telegram Nomor ST/1554/VII/Kep/2024 tertanggal 26 Juli 2024. Telegram tersebut ditandatangani oleh As SSDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan jika perotasian merupakan hal biasa dalam bentuk penyegaran organisasi.

Soroti Oknum Pati Polri Suka Flexing, Haidar Alwi: Harusnya Mereka Malu sama Kapolri

"Mutasi dilingkup Polri dalam rangka Promosi, masa Purna, tour of area, dan Kapolda. Tentunya mutasi personel Polri dalam rangka memberikan peningkatan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," kata Trunoyudo kepada wartawan, Sabtu, 27 Juli 2024.

Daftar 6 Kapolda Baru

Hadiah Kapolri untuk Bhabinkamtibmas Aiptu Agus Atas Aksi Heroik Amankan Pria Bersajam di Jaktim

Ilustrasi mobil polisi.

Photo :
  • Antara

Adapun daftar enam Kapolda yang dirotasi sebagai berikut:

1. Irjen Tornagogo Sihombing yang sebelum menjabat sebagai Kapolda Bangka Belitung kini digantikan oleh Irjen Hendro Pandowo yang sebelumnya menjabat sebagai Sahlisosbud Kapolri. 

Irjen Tornagogo kini mengemban tugas sebagai Pati Baharkam Polri dalam rangka penugasan luar struktur. Selanjutnya jabatan Sahlisosbud Polri akan diisi oleh Brigjen Uden Kusuma Wijaya.

2. Irjen Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku kini digantikan Irjen Eddy Sumitro Tambunan yang sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

Sementara itu, Irjen Lotharia akan mengisi jabatan Pati Bareskrim Polri untuk persiapan penugasan di luar struktur. Sementara jabatan Korsahli akan diisi oleh Irjen Hadi Gunawan.

3. Jabatan Kapolda Jawa Tengah yang sebelumnya diisi Irjen Ahmad Luthfi kini digantikan Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri. 

Irjen Ahmad Luthfi akan menjabat sebagai Pati Itwasum Polri penugasan pada Kementerian Perdagangan (Kemendag).

4. Jabatan Kapolda Bali yang sebelumya diisi oleh Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra, kini diisi Irjen Daniel Aditya Jaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara). Adapun, Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra diganti dalam rangka pensiun.

5. Jabatan Kapolda Kaltara yang sebelumnya diisi oleh Irjen Daniel Aditya Jaya kini akan digantikan oleh Irjen Hary Sudwijanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri.

6. Kapolda Bengkulu Irjen Armed Wijaya dimutasikan menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Pidum Bareskrim Polri. Jabatan Kapolda Bengkulu digantikan oleh Brigjen Pol Anwar  yang sebelumnya menjabat Karo Watpers SSDM Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya