Jokowi Kukuhkan Calon Paskibraka pada 9 Agustus, Selanjutnya Terbang ke IKN

Paskibraka
Sumber :
  • VIVA/Farhan

Jakarta – Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Pengarah Program Paskibraka Tingkat Pusat, Rima Agristina mengatakan bahwa 76 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bakal dikukuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 Agustus 2024 mendatang, sebelum digelarnya Upacara Pengibaran Bendera di HUT ke-79 RI.

Jokowi Pulang Kampung Usai Lengser, Pemkot Solo Sibuk Siapkan Acara Penyambutan

Rima mengatakan bahwa pengukuhan para calon Paskibraka akan dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

"Sampai saat ini, kami infokan bahwa pengukuhan akan dilaksanakan di Jakarta. Tentu saja di Istana Merdeka dengan dihadiri Bapak Presiden pada tanggal 9 Agustus," ujar Rima kepada wartawan Jumat, 26 Juli 2024.

Jokowi Teken Perpres Pembentukan Kortastipidkor Polri, Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Paskibraka 2023.

Photo :
  • Ahmad Farhan Faris/VIVA.

Rima menjelaskan bahwa pengukuhan calon Paskibraka ini mengalami perbedaan. Sebab, pengukuhan itu biasanya dilakukan H-1 upacara.

Jokowi Teken Perubahan UU Kementerian Negara, Begini Isinya

Pasalnya, pembawa baki, pembentang, dan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) tahun 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) belum diketahui. Namun, kini sudah diketahui lewat pengukuhan pada 9 Agustus mendatang.

Diketahui, upacara peringatan HUT ke-79 RI akan digelar di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Penajam Paser, Kalimantan Timur. Maka itu, Rima menilai upacara pengibaran bendera itu bakal berbeda teknisnya, termasuk tentang Kirab Bendera Pusaka.

Saat upacara dilakukan di Istana Merdeka, kirab bendera pusaka dan teks proklamasi akan dilakukan pada hari upacara yakni 17 Agustus. Kirab ini adalah proses pengantaran bendera pusaka dan teks proklamasi dari kawasan Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Namun, karena kini dilakukan di IKN, belum ada informasi terkait tanggal pasti kapan kirab akan dilakukan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bila prosesi ini dilakukan pada saat pengukuhan Paskibraka pada 9 Agustus.

Rima menyebutkan bahwa proses pengibaran benderanya tetap sama. Perpindahan Sang Saka Merah Putih akan melibatkan dua pembawa baki yakni Lilly Indiani Suparman Weda dan Keyla Azzahra Purnama. Keduanya itu merupakan pembawa Sang Saka pada tahun 2023 kemarin.

"Perpindahan Sang Merah Putih yang akan dikibarkan di Nusantara akan melibatkan adik-adik yang kemarin membawa baki pada saat pengibaran tahun lalu. Mereka sudah purna Paskibraka dan menjadi duta Pancasila. Mereka itulah yang nanti akan mengantarkan Sang Merah Putih untuk disiapkan berangkat dari Monas ke Nusantara," lanjutnya.

Setelah melakukan pengukuhan oleh Presiden Jokowi, para Paskibraka itu akan langsung diberangkatkan ke IKN pada 10 Agustus 2024.

Nantinya, peserta akan melaksanakan proses latihan lapangan gabungan terutama dalam memantapkan formasi. Sama seperti tahun sebelumnya, Paskibraka akan menggunakan formasi 17-8-45.

Formasi ini sudah hadir sejak era Presiden Soeharto dan dibuat oleh Husein Mutahar, yang kini punya predikat Bapak Paskibraka Indonesia. Formasi ini terbagi menjadi kelompok dengan jumlah anggota yang sesuai namanya, yakni Pasukan 17 (pengiring/pemandu), pasukan 8 (pembawa bendera/inti), dan pasukan 45 (pengawal).

"Setelah sampai di Nusantara mereka akan melaksanakan proses gladi, baik gladi kotor, gladi bersih, latihan gabungan, setelah itu baru dilaksanakan pengibaran Sang Merah Putih," kata Rima.

Adapun, 76 anggota Paskibraka kini tengah menjalani proses pemusatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur, dari 13 Juli hingga 10 Agustus 2024. Diklat dibuka melalui tradisi upacara Tantingan yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya