Iptu Rudiana Muncul setelah Lama Menghilang: Seolah Saya Digiring Sebagai Orang Bersalah

Iptu Rudiana di pemakaman Eky
Sumber :
  • YouTube @tvOne

VIVA – Ayah kandung Muhammad Rizky Rudiana (Eky), Iptu Rudiana saat ini menjadi sorotan publik terkait keterlibatannya kepada 8 terpidana kasus kematian Vina dan Eky pada tahun 2016 silam. 

Sidang PK 6 Terpidana Kasus Vina Cirebon Digelar Terbuka, Bukan Kasus Asusila

Publik meminta agar Iptu Rudiana muncul untuk memberikan penjelasan mengenai saksi kunci Dede yang menyebutkan bahwa Dede memberikan kesaksian palsu kepada Polres Cirebon atas arahan Aep dan Iptu Rudiana.

Rudiana menyampaikan bahwa setelah keterangan Dede terkait dirinya muncul, ia bukan ingin menghilang, melainkan karena ia masih aktif menjadi anggota Polri yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Kapetakan di Polres Cirebon Kota dan harus menaati aturan etik yang berlaku.

Sidang PK 6 Terpidana Kasus Vina Digelar Hari Ini, Kuasa Hukum Terpidana: Banyak Bukti Baru

"Saya sampaikan bukan menghilang. Namun, karena sebagai anggota polisi yang masih aktif saya taat pada aturan dan kode etik," kata Iptu Rudiana, Kamis (25/7/2024), dilansir dari Youtube tvOne.

Sebagai pelayan masyarakat, Rudiana merasa tugas utamanya adalah melindungi dan melayani masyarakat di wilayah kerjanya. Oleh karena itu, ia harus membagi perhatian antara menangani kasus Vina dan Eky serta menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri.

Ady Hariyadi Bingung Disebut Jadi Saksi Kunci Kasus Vina Cirebon

"Saya aktif bekerja seperti biasa sebagai pelayan masyarakat sebagai Kapolsek Kapetakan. Tentunya punya tugas diembankan pada saya untuk melindungi dan melayani masyarakat," sambung dia. 

Terpidana kasus Vina dan Iptu Rudiana

Photo :
  • YouTube @tvOne

Rudiana menyatakan bahwa tuduhan buruk tentang dirinya, seperti dugaan salah tangkap dan penyiksaan terhadap 8 terpidana yang selama ini tersebar di media, sangat mempengaruhi keluarganya di rumah.

“Sangat besar kami rasakan. Terutama anak saya, keluarga, semua yang di rumah. Sehari-hari di sekolah maupun dalam pergaulan. Sangat berat,” imbuhnya.

Mantan Kabareskrim Polri Ito Sumardi

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Sebelumnya,  mantan Kabareskrim, Ito Sumardi berpendapat bahwa Iptu Rudiana tidak memiliki kewajiban untuk muncul ke publik, meskipun ia sedang dicari oleh masyarakat. Bagi Ito, kehadiran Rudiana di publik tidak akan memberikan kontribusi signifikan terhadap proses hukum yang sedang berlangsung.

"Banyak keinginan supaya Iptu Rudiana dimunculkan ke media, nah kalau itu harus dimunculkan sama saja membuat pengadilan di media," kata Ito, dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi TvOne, dikutip Sabtu (20/7/2024).

Meskipun begitu, Rudiana tetap muncul ke hadapan publik setelah dirinya mengunjungi makam Eky di TPU Mawar, Desa Sutawangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Rudiana membantah tuduhan Dede dan publik tentang dirinya.

“Yakinlah kalau kebenaran itu selalu dilindungi. Seolah saya digiring sebagai orang bersalah tentu ini jauh dari yang sebenarnya dan yang saya rasakan. Hal yang betul-betul yang sebenarnya. Saya terus berjuang untuk mencari yang terbaik," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya