Mensos Risma Tempuh Perjalanan Puluhan Jam Demi Sapa Masyarakat di Pulau Terluar

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi Pulau Kei Besar di Maluku Tenggara, Rabu, 24 Juli 2024. Bersama dengan para staf Kementerian Sosial (Kemensos) dan wartawan, Mensos Risma menempuh perjalanan menggunakan kapal laut.

Jokowi Sudah Teken Surat Pengunduran Diri Risma sebagai Mensos

“Teman-teman ada yang mabuk?” tanya Mensos Risma kepada sejumlah wartawan sesaat sebelum Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Weda 526 sandar di Dermaga Pelabuhan Elat Kei Besar, Maluku Tenggara, Rabu..
    
Pertanyaan itu dijawab beragam oleh para wartawan. Ada yang bilang mabuk, ada juga yang menyatakan sanggup bertahan dari goyangan kapal yang membuat pusing. 

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini

Photo :
  • Istimewa
Risma Ziarah ke Ponpes Tebuireng Jombang Sekaligus Cari Leluhurnya

    
Sebagaimana diketahui, perjalanan dari Ambon ke Kei Besar memakan waktu sekitar 27 jam. Meskipun laut tenang, bagi yang tidak terbiasa berada di kapal dalam waktu yang lama, membuat badan terasa digoyang dan  perut bergejolak. Tak terkecuali Mensos Risma. 

"Saya ikut serta di kapal itu menunjukkan kepada teman-teman, terutama teman-teman di Kementerian Sosial, kalau kita mau membantu masyarakat di wilayah Indonesia itu harus berani menempuh risiko, termasuk mabuk laut,” ujar dia.
    
Dia mengatakan, seorang pemimpin bukanlah bos yang hanya memberi perintah kepada staf, namun harus ikut merasakan suka duka bekerja menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Sebab itu, untuk kesekian kalinya, dia rela berlayar naik kapal TNI Angkatan Laut untuk menyalurkan bantuan sekaligus menyapa masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan negara. 
    
Dalam perjalanan melintasi Laut Banda yang terkenal ganas, Mensos Risma sempat menceritakan tentang luasnya wilayah Indonesia dan kekayaan laut Indonesia. "Dari atas kelihatan seperti rumput laut, ternyata kumpulan ikan di lautan Indonesia," ujarnya.
    
Sebelum sandar di Dermaga Pelabuhan Elat Kei Besar, Maluku Tenggara, Mensos Risma berpindah kapal dengan menggunakan landing craft vehicle personnel (LCVP) milik TNI AL yang ukurannya lebih kecil. 

Istana Akui Risma Lapor Jokowi jadi Cagub tapi Belum Mundur dari Menteri

Mensos Risma lalu menyapa masyarakat Pulau Kei Besar yang dengan sangat antusias menyambut kedatangannya. Mereka tampak bahagia melihat kunjungan salah satu pejabat di Indonesia. 

Diketahui, demi mengunjungi Pulau Kei Besar, Mensos Risma dan rombongan terbang dari Jakarta menuju Ambon sekitar empat jam. Kemudian, menempuh perjalanan laut selama 27 jam.

Meski harus menempuh perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan, Mensos Risma tetap menyapa masyarakat yang tinggal di salah satu pulau terluar. Rasa lelah Mensos Risma, dikalahkan oleh rasa cintanya pada masyarakat Indonesia.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Jokowi Tunjuk Muhadjir Jadi Plt Mensos Setelah Risma Mundur

Risma mengundurkan diri karena maju sebagai cagub Pilkada Jatim.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024