Menkumham Yasonna Ungkap Alasan Shin Tae-yong Dapat Golden Visa dari Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Berikan Golden Visa ke Shin Tae-yong
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly angkat bicara soal Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan golden visa kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY).

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Menurut Yasonna, Shin Tae-yong merupakan global talent yang banyak berjasa bagi Indonesia. Hal ini yang menjadi pertimbangan sehingga dia menerima golden visa.

"Kan global talent dia. Mempunyai talent yang kalau dia no question lah, kan sudah banyak berjasa. Dia termasuk global talent, STY," kata Yasonna kepada wartawan di The Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 25 Juli 2024.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

shin tae-yong

Photo :
  • Instagram

Yasonna pun mengungkapkan proses seleksi untuk menentukan penerima golden visa. Menurut dia, kredibilitas dan rekam jejak calon penerima golden visa akan dicek terlebih dahulu. 

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Jika calon penerima tersebut memiliki perusahaan, maka pemerintah juga akan melakukan pengecekan. "Kalau perusahaan misalnya kita cek ini, di negara sudah masuk di sini, rekam jejak usahanya bagaimana, investasinya ada tidak?" ujarnya.

"Plan of investation itu gimana? Kan begitu. Jangan sembarangan ngasih dan di bisnis-bisnis yang tentunya tidak boleh melanggar hukum," kata Yasonna.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peluncuran Golden Visa yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM di Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 25 Juli 2024.

Tampak, Jokowi memakai jas warna hitam lengkap dasi warna merah didampingi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasonna H Laoly.

Selain itu, Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong juga terlihat hadir dalam acara tersebut. Presiden Jokowi akan menyerahkan secara simbolis Golden Visa kepada, pelatih asal Korea Selatan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya