Perluas Penempatan Pekerja Migran, BP2MI Jalin Kerja Sama dengan New Brunswick Kanada

Delegasi BP2MI diterima Departemen Kesehatan Provinsi New Brunswick Kanada.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melakukan kunjungan kerja ke Kanada untuk menjalin berbagai kerja sama dengan pemerintah setempat. 

Hadirkan Ribuan Produk Inovatif, Asia Gift Fair Indonesia 2024 Gaungkan Kolaborasi dan Investasi

Sekretaris Utama BP2MI Rinardi memimpin kunjungan yang dilakukan pada 11 Juli 2024 lalu itu. Dalam kunjungan tersebut, BP2MI melakukan Courtesy Call dengan Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak, di Wisma Indonesia di Ottawa, Kanada.

Rinardi menuturkan, BP2MI berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi New Brunswick, Kanada. Untuk konsep kerja sama yakni di sektor kesehatan dengan skema G to G. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan kerja sama juga dilakukan dengan provinsi dan teritori lainnya.

BP2MI Pastikan Video Pemberian Uang Rp 1,5 Miliar ke Pekerja Migran Hoaks

(ILUSTRASI) Para pekerja migran Indonesia tiba dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta.

Photo :
  • VIVA/Sherly

"BP2MI dalam agenda kunjungan kerja ini adalah untuk menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi New Brunswick, Kanada. Komitmen BP2MI untuk berbenah dalam kerja sama dan aktif membangun kolaborasi dengan semua pihak akan kita pertahankan," ujar Rinardi dalam keterangannya, Kamis, 25 Juli 2024.

Menko Airlangga Berkomitmen Mendorong Kolaborasi Ekonomi Indonesia - Kanada

Menurut Rinardi, BP2MI juga ingin memperluas kerja sama penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di sektor lain, dengan pihak pemerintah Kanada yang belum pernah dijajaki sebelumnya.  

"Kita juga tidak terfokus dan menutup diri dalam skema kerja sama tertentu. Untuk itu, dalam kunjungan ini BP2MI menggarap, berikhtiar membangun dialog dalam rangka mencari peluang kerja di sektor lainnya. Semua yang kami lakukan ini demi para Pekerja Migran Indonesia, demi Indonesia tercinta," kata Rinardi.

Kehadiran tim BP2MI mendapat sambutan positif dari Duta Besar (Dubes) RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak bersama jajarannya. "Kami menyambut baik kehadiran rombongan dari BP2MI dalam rangka kunjungan kerja. Prinsipnya kami ikut memberi support dan menyampaikan informasi, atau apa saja yang diperlukan di Kanada," ujar Daniel.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ottawa juga mendukung terealisasinya kerja sama tersebut dan mendorong terwujudnya kerja sama serupa dengan provinsi dan teritori lainnya di Kanada. 

Tim BP2MI yang mendampingi Sestama di antaranya Deputi Penempatan dan Pelindungan Amerika dan Pasifik Agustinus Gatot Hermawan. Kemudian, Pengantar Kerja Ahli Muda Sheny Fithriani, Analis Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Septian Wijayanti, dan Penyusun Berita dan Pendapat Umum, Risky Maulyan Anggit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya