Upacara HUT Kemnaker ke-77, Momen untuk Merefleksikan Pertumbuhan Ketenagakerjaan di Indonesia

Upacara HUT ke 77 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dalam rangka merayakan peringatan HUT ke-77 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah, melakukan upacara bersama seluruh jajarannya di ruang Tridarma pada Kamis, 25 Juli 2024. Dalam momentum ini, Afriansyah berharap dapat merefleksikan kembali kontribusi Kemnaker dalam sejarah perjalanan pembangunan nasional dan perkembangan bangsa Indonesia.

Arakan Karnaval Terpanjang Curi Perhatian, Angkat Sejarah Ki Arsantaka Kental Akan Budaya Jawa

"Refleksi ini sangatlah penting agar Kemnaker mampu menjadi organisasi publik yang terus berkembang dan terus relevan dalam menjawab berbagai persoalan bangsa, baik saat ini maupun di masa mendatang, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan," ujar Afriansyah Noor.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah

Photo :
Coreng Nama Indonesia, Geng PMI di Jepang yang Meresahkan Harus Diberi Sanksi

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak awal kemerdekaan Indonesia. Pada mulanya, urusan ketenagakerjaan berada di bawah Kementerian Sosial. Namun, seiring perkembangan zaman dan dinamika dunia ketenagakerjaan, Kemnaker mengalami berbagai perubahan nama dan struktur organisasi.

Tonggak penting dalam sejarah Kemnaker adalah berdirinya Kementerian Perburuhan pada tanggal 25 Juli 1947. Sejak saat itu, Kemnaker terus berkembang dan memainkan peran penting dalam menciptakan dunia ketenagakerjaan yang adil, sejahtera, dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemenaker dan BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Perlindungan Jaminan Sosial PMI

"Di sinilah mulai tampak kelengkapan struktur organisasi Kementerian sampai tingkat daerah dengan uraian tugas yang jelas. Pada masa transisi 1966-1969, Kementerian Perburuhan kemudian berubah nama menjadi Departemen Tenaga Kerja (Depnaker), " ujarnya.

Memasuki era reformasi, struktur Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengalami perubahan penting. Setelah melalui berbagai fase penggabungan dan pelepasan dengan urusan transmigrasi dan koperasi di era Orde Baru, Kemnaker mulai menunjukkan struktur yang lebih ajeg. 

"Namun, sejak masa Presiden Joko Widodo, Kementerian ini semakin fokus pada urusan Ketenagakerjaan terbukti dengan  bergabungnya saya sebagai Wakil Menteri Kementerian ini sejak Juni 2022, "  ujarnya.

Upacara HUT Kemnaker ke 77

Photo :
  • Istimewa

Afriansyah memahami sejarah panjang perjalanan Kemnaker adalah adanya perkembangan kepada suatu arah menjadi suatu unit organisasi publik yang semakin spesifik menangani urusan ketenagakerjaan. Spesialisasi organisasi ini sangat penting sebagai modalitas untuk menjawab tantangan ketenagakerjaan yang semakin kompleks di masa mendatang.

"Karena itu, saya menitipkan betul kepada para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di Kemnaker untuk memperbaiki tata kelola kepemimpinan organisasi di unitnya masing-masing. Bentuklah manajemen pengetahuan organisasi untuk melahirkan leadership. Tanamkanlah budaya kerja kolaborasi dan sinergi untuk menciptakan managerialship, "  katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya