Nurul Ghufron Percaya Diri Lulus Tes Capim KPK: Saya Sudah Berpengalaman

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta - Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengaku percaya diri dan optimis bisa lolos melalui tes berikutnya dalam seleksi calon Pimpinan KPK. Ia mengaku untuk mengikuti tes selanjutnya hanya perlu menyiapkan kondisi pikiran yang segar.

KPK Sebut 92,98 Persen Calon Anggota Legislatif Terpilih Sudah Isi LHKPN

"Tes tulis ini biasanya di awal-awal adalah tes potensi akademik. Karena itu, yang kami persiapkan hanya untuk kemudian mem-fitkan kondisi pikiran dan kesegaran tubuh saja," kata Nurul Ghufron di Gedung KPK pada Kamis, 25 Juli 2024.

Sidang Etik Pimpinan KPK Nurul Ghufron

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Dewas Tak Berikan Hasil Sidang Etik Nurul Ghufron ke Tim Pansel Capim KPK

Selain itu, kata dia, diperlukan juga ketenangan jelang tes berikutnya di seleksi calon Pimpinan KPK. Saat ini, Ghufron telah dinyatakan lulus test administrasi oleh Panitia Seleksi (Pansel) KPK pada Rabu, 24 Juli 2024.

Kemudian, Ghufron mengaku memiliki sejumlah pengalaman menjadi Pimpinan KPK ini bisa dimanfaatkan sebagai modal untuk percaya diri bahwa dapat lulus dari test berikutnya.

Dewas Minta Pansel KPK Tidak Loloskan Capim yang Langgar Etik, Termasuk Nurul Ghufron?

"Kalau pengalaman yang sudah tahun lalu, karena itu saya hanya mohon doanya saja, bukan untuk Pak Ghufron tapi untuk Indonesia supaya terpilih yang terbaik ya. Karena saya sudah berpengalaman, tentu kepercayaan dirinya saya yakin ya mudah-mudahan lolos lah," lanjutnya.

Ia juga menyebutkan bahwa seluruh internal KPK yang lolos seleksi administrasi Capim KPK merupakan sosok yang bagus, dan memiliki kompetensi menjadi Pemimpin KPK ke depan.

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan ratusan orang yang lolos seleksi mendaftar Capim dan Dewas KPK. Ternyata, ada delapan orang yang berasal dari internal KPK.

Tim Pansel Capim dan Dewas KPK mengumumkan ada sebanyak 236 orang yang dinyatakan lulus administratif Capim KPK. Kemudian, sebanyak 146 orang lulus administratif Dewas KPK.

Selanjutnya, delapan orang internal KPK yang ikut lulus adminitrasi Capim KPK itu di antaranya Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dan Nurul Ghufron. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan juga lulus administrasi.

"Berdasarkan pengumuman yang telah disampaikan oleh Pansel Capim KPK, terkonfirmasi ada 8 insan KPK yang turut mendaftar sebagai Capim KPK," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto kepada wartawan Rabu, 24 Juli 2024.

Adapun delapan nama lengkap internal KPK yang lulus administrasi Capim KPK yakni:

1. Fungsional Analisis Pemberantasan Korupsi Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK RI, Anna Devi.
2. Sekretaris Jenderal KPK, Cahya Hardianto Harefa
3. Kepala Satgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK, Dian Patria
4. Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK, Didik Agung Widjanarko
5. Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak
6. Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron
7. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan
8. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya