Pilkada Kota Malang Paketan Pusat Gerindra-PSI, Usung Duet Wahyu-Ali Muthohirin?

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Malang, Rimzah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Malang – Konstelasi Pemilihan Wali Kota Malang mulai menemui titik terang. Partai politik mulai mengerucutkan pasangan bakal calon untuk merebut kursi wali kota dan wakil wali kota, pada Pilkada 2024.

Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh Tu Sop Meninggal Dunia

Partai Gerindra sebagai pemilik 6 kursi di DPRD Kota Malang, kemungkinan besar akan mengusung Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. Sebab sejauh ini, Wahyu Hidayat sangat intens berkomunikasi dengan pimpinan Partai Gerindra di Jakarta. 

Kornas Kawan Gibran, Ali Muthohirin

Photo :
  • Kawan Gibran
Dedi Mulyadi: Jangan Rekrut Buzzer dan Nyusahin Warga

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Malang, Rimzah mengirim sinyal kuat partai yang di pimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto itu, akan memberikan rekomendasi pada sosok Wahyu Hidayat. 

"Jadi memang posisinya yang sangat memungkinkan itu di Pak Wahyu Hidayat. Karena beliau yang sangat intens berkomunikasi dengan para pimpinan kami yang ada di atas," kata Rimzah, Kamis, 25 Juli 2024. 

Kata KPU Sumbar soal Larangan Penarikan Calon Kepala Daerah oleh Parpol

Rimzah juga mengungkapkan, bahwa kemungkinan besar Koalisi Indonesia Maju di Pilpres 2024 akan diaplikasikan di Kota Malang. Dari beberapa partai lampu hijau sudah terjadi antara Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia, PSI. Tinggal menunggu PAN, Partai Demokrat dan Partai Golkar.

"Koalisi Indonesia Maju yang ada di pusat ini akan segera kami bahas di Kota Malang. Tapi yang sudah lampu hijau memang Gerindra dan PSI. Komposisinya juga sama nanti, berkait komposisi partai koalisi yang di pusat sama yang di daerah," ujar Rimzah. 

Sejauh ini PSI sendiri sudah pasti mengusung Ali Muthohirin di Pilwali Kota Malang. Sangat memungkinkan jika Wahyu Hidayat akan maju bersama Ali Muthohirin di Pilwali Kota Malang. Apalagi koalisi Partai Gerindra dan PSI merupakan koalisi paketan dari pusat. 

"Kalau di PSI memang sudah fix di Mas Ali Muthohirin, saya tahu itu. nanti bisa konfirmasi ke PSI-nya juga. Yang jelas, gandengan tersebut dari Gerindra maupun PSI itu sudah paketan dari pusat," tutur wakil ketua DPRD Kota Malang itu. 

Rimzah menyebut saat ini Ketua DPC Partai Gerindra Kota Malang, Moreno Soeprapto, sedang berkomunikasi intens dengan pimpinan di DPP Partai Gerindra di Jakarta. Pembahasan seputar rekomendasi calon kepala daerah. 

Bocoran yang diberikan Rimzah. Peluang besar pasangan calon Partai Gerindra dengan PSI adalah Wahyu Hidayat - Ali Muthohirin. Dalam waktu dekat Wahyu-Ali akan segera mendeklarasikan diri sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di Pilwali Kota Malang. 

"Kan calon rekom itu pasti wali kota dan wakil wali kota. Tapi yang disebutkan berpeluang besar ya itu (Wahyu-Ali). Tinggal menunggu deklarasi saja," kata Rimzah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya