Kelakar Jokowi soal Sidang Kabinet di IKN: Lihat Kursinya Dulu, Masa Lesehan

Presiden Jokowi, Menkumham Yasonna H Laoly, Dirjen Imigrasi Silmy Karim
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal akhir bulan Juli 2024 ini akan mulai bekerja atau berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Ternyata, Jokowi masih ingin menunggu fasilitas siap baru mulai bekerja di IKN Nusantara.

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Awalnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi akan berkantor di IKN Nusantara pada akhir bulan Juli 2024. Menurut Heru, Presiden Jokowi akan bermalam sekitar 1-2 hari di IKN Nusantara.

“Tanya Pak Heru,” kata Jokowi di Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 25 Juli 2024.

Paus Fransiskus Terharu Ada Momen Ini Sebelum Pimpin Misa Akbar di GBK

Presiden Jokowi, Menkumham Yasonna H Laoly, Dirjen Imigrasi Silmy Karim

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Makanya, Jokowi masih menunggu kesiapan dari jajarannya untuk berkantor di IKN Nusantara. Saat ini, Jokowi sudah mendapatkan informasi bahwa air sudah masuk di IKN Nusantara.

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

“Saya akan tetap melihat fasilitasnya sudah selesai atau belum, siap atau belum. Yang disampaikan ke saya, airnya sudah masuk,” ujarnya.

Di samping itu, Jokowi menanggapi kabar bakal menggelar Sidang Kabinet di IKN. Kata dia, tentunya masih menunggu kesiapan fasilitas lengkap. Bahkan, Jokowi berkelakar tidak mungkin Sidang Kabinet kalau belum ada kursinya.

“Ya kalau sudah siap (Sidang Kabinet di IKN). Kalau kursinya belum ada gimana mau duduk? Masa lesehan. Sidang Kabinet lesehan,” jelas dia.

Sementara, Jokowi mengatakan untuk agenda Sidang Kabinet di IKN sebaiknya ditanyakan langsung kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno. “Nanti ditanyakan ke Mensesneg kalau soal Sidang Kabinet,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Menurut dia, Presiden Jokowi rencana akan bekerja di IKN Nusantara pada akhir bulan Juli 2024.

“Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau. Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk Bapak Presiden berkantor di IKN,” kata Heru Budi di Kompleks Istana Kepresidenan pada Rabu, 24 Juli 2024.

Kata Heru, kemungkinan Presiden Jokowi akan bermalam di IKN Nusantara beberapa hari. Menurut dia, hal ini dalam rangka persiapan Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia (HUT RI) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

“Ya mungkin 1-2 hari menjelang tanggal 28. Saya lagi persiapkan ini rapat dengan teman-teman Setpres dan PUPR juga mempersiapkan,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah mempersiapkan peralatan untuk berkantor di IKN Nusantara. Seperti segala persiapan furnitur yang disiapkan oleh Sekretariat Presiden serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Udah sedang berjalan, kantor presiden kita udah siapkan. Kursi-kursi yang dibutuhkan. Saya di sini selaku Kepala Sekretariat Presiden bersama rekan-rekan pejabat Setpres mulai hari ini terus tanggal 25 kita mengisi kebutuhan-kebutuhan furnitur yang memang harus disiapkan untuk Bapak Presiden,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya