Jokowi dan Gibran Melayat ke Rumah Duka Mendiang Hamzah Haz

Hamzah Haz
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melayat ke rumah duka almarhum Wakil Presidenke-9 RI, Hamzah Haz di Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur pada Rabu, 24 Juli 2024. 

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Jokowi tiba di kediaman mendiang Hamzah Haz sekitar pukul 13.17 WIB. Dia mengenakan baju batik berwarna cokelat dan peci hitam.

Jokowi ditemani putra sulungnya sekaligus Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka saat melayat ke rumah duka. Gibran tampak mengenakan kemeja berwarna biru.

Paus Fransiskus Terharu Ada Momen Ini Sebelum Pimpin Misa Akbar di GBK

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke rahmatullah tadi pagi almarhum Bapak Dr. H. Hamzah Haz dalam usia beliau yang ke-84 tahun. Atas nama pemerintah, atas nama bangsa dan rakyat, kami ikut berduka cita yang mendalam," kata Jokowi kepada wartawan.

Presiden Joko Widodo melayat ke rumah mantan Wapres Hamzah Haz

Photo :
  • Siaran Pers Istana
Menggantung Harapan dari Ekonomi Digital

Jokowi mengenang Hamzah Haz sebagai sosok negarawan yang sangat mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara, baik sebagai Wakil Presiden di tahun 2001-2004 maupun pengabdian lainnya yang kita tahu sangat-sangat banyak," tutur dia.

Selain Jokowi dan Gibran, sejumlah tokoh juga melayat ke rumah duka almarhum Hamzah Haz. Mereka di antaranya Wakil Presiden Try Sutrisno ke-6 RI, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono.

Kemudian, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekjend PPP Mohammad Arwani Thomafi, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Plt PPP Mardiono, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono, dan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI, Hamzah Haz meninggal dunia pada Rabu, 24 Juli 2024. Hamzah Haz wafat pada usia ke-84 tahun.

Kabar wafatnya Hamzah Haz dibenarkan langsung politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Syaifullah Tamliha. Dia menyebut, Hamzah Haz wafat di kediamannya.

"Wafatnya di rumah, sebelumnya (dirawat) di RSPAD," kata Tamliha saat dikonfirmasi wartawan Rabu, 24 Juli 2024.

Tamliha mengatakan jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang ada di Bogor, Jawa Barat. "Pemakaman keluarga di Bogor," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya