Hendropriyono Terkejut Hamzah Haz Wafat: Saya Kehilangan Teman Lama

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI Purn Hendropriyono
Sumber :
  • Instagram

Jakarta - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN, A.M Hendropriyono mengaku terkejut mendengar kabar wafatnya Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz. Mendiang wafat di usia 84 tahun hari ini, Rabu, 24 Juli 2024.

Menyayat Hati, Tangis Perantau Pecah saat Saksikan Pemakaman Ibunya Cuma Lewat Video Call

Hamzah Haz sempat menjadi Wakil Presiden Ri era Preisden Megawati Soekarnoputri. Almarhum juga pernah memimpin Partai Persatuan Pembangunan atau PPP.

Hamzah Haz Jenguk Anaknya di Polda Metro

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Jokowi Kenang Faisal Basri: Beliau Ekonom Kritis

"Ya saya terkejut ya karena kemarin kan ngobrol dan saya ikut berduka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga terutama anak-anak, cucu, saya sangat kehilangan karena teman lama," kata Hendropriyono kepada wartawan di kediaman Hamzah Has, Jalan Tegalan, Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur.

Hendropriyono memaparkan, seperti apa kedekatan ia dengan almarhum. Mulai saat masih berada di swasta, sampai keduanya berada dalam pemerintahan di kabinet Presiden Megawati 2001-2004.

Kabar Duka, Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih Meninggal Dunia

"Mulai sama-sama di swasta, sama-sama jadi komisaris di suatu perusahaan kemudian sama-sama di masuk di kabinet, beliau jadi wapres, saya menteri dan hubungan sangat dekat sampai beliau sakit, sembuh, sakit lagi, sembuh dan tiba-tiba tidak ada, saya sangat berduka cita," sambungnya. 

Hendropriyono menilai, Hamzah Haz merupakan sosok yang sangat jujur dan setia terhadap sesama kawannya. Terlebih kata dia saat susah, Hamzah Haz tidak pernah sekalipun meninggalkan kawan-kawannya.

"Sebagai seorang yang sangat jujur dan selalu setia kepada kawan, baik dalam susah dan senang, terutama di kala susah, sama-sama dan tidak meninggalkan kawan, banyak yang bisa kita tiru," kata Hendropriyono.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Presiden (Wapres) RI ke-9, Hamzah Haz meninggal dunia pada Rabu, 24 Juli 2024. Hamzah Haz wafat pada usia ke-84 tahun.

Kabar wafatnya Hamzah Haz dibenarkan langsung politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Syaifullah Tamliha. Dia menyebut, Hamzah Haz wafat di kediamannya.

"Wafatnya di rumah, sebelumnya (dirawat) di RSPAD," kata Tamliha saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 24 Juli 2024.

Tamliha mengatakan jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang ada di Bogor, Jawa Barat. "Pemakaman keluarga di Bogor," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya