72 Peserta dari 25 Provinsi Indonesia Ikut Program Kaderisasi Ulama di Arab Saudi

Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo menyampaikan kelulusan peserta Pendidikan Kader Ulama di Makkah Saudi Arabia. Program kaderisasi ulama itu inisiasi ASFA Foundation yang bekerja sama dengan Universitas Ummul Quro.

Kualitas Pemain Arab Saudi Makin Buruk, Roberto Mancini Salahkan Cristiano Ronaldo

Menurut Syafruddin, tujuan kaderisasi ulama untuk memantapkan wawasan wasatiyyat Islam, memperdalam bahasa arab dan khazanah ilmu-ilmu keIslaman lainnya.

"Mereka akan belajar tentang wasatiyyat Islam, bahasa Arab, Tafsir, Hadis, dan Metode Pendidikan Alquran," ujar Syafruddin, dalam keterangannya, Selasa, 23 Juli 2024

Ragnar Oratmangoen Botak, Ali Albulayhi Tak Bisa Berontak

Dia menambahkan, program tersebut didedikasikan untuk penguatan lembaga pendidikan Islam, ormas Islam. Selain itu, untuk mendukung penguatan pesantren dan organisasi keIslaman di Tanah Air.

Menanti Kejutan Baru Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia di Mata Dunia

Adapun Wakil Ketua Lazis ASFA KH. Anizar Masyhad menambahkan program kaderisasi ulama ini adalah gelombang kelima dari pendidikan yang pernah dilaksanakan di Ummul Quro. Peserta yang lulus rencananya akan diberangkatkan pada September 2024.

"Ada 72 peserta yang lulus berasal dari 25 provinsi di Indonesia, merupakan kader atau utusan dari 72 lembaga pendidikan ataupun ormas Islam/organisasi ke Islaman," jelas Anizar.

Untuk diketahui, ASFA Foundation melalui lazis ASFA telah mengadakan pendidikan kader ulama di Al-Azhar Kairo dan Unida Gontor.

Dalam program itu, hingga saat ini sudah lebih dari 1550 orang yang mendapat beasiswa atau bantuan pendidikan dari Lazis ASFA.

Syafruddin bilang tujuan didirikannya ASFA Foundation adalah untuk pendidikan, kemanusiaan dan perdamaian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya