Menteri PUPR Sebut Air Minum Mulai Mengalir di IKN: Langsung Dapat Diminum

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono tinjau IKN
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengatakan, air minum kini telah mengaliri wilayah IKN. Hal tersebut disampaikan usai mengikuti langsung tes pengaliran air (running test ke-3) dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju reservoir induk IKN Nusantara yang berada di titik tertinggi.

Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

Menteri PUPR ini didampingi Wamen ATR/BPN selaku Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni. Running test ke-3 ini berlangsung sejak Sabtu, 20 Juli 2024, hingga Senin, 22 Juli 2024.

Jokowi Jelaskan Alasan Tunda Pemindahan ASN ke IKN

Tes ini merupakan bagian penting dalam pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk melayani kebutuhan air minum di IKN Nusantara. Setelah running test pengaliran berhasil, kini tengah dilakukan pengurasan sistem dan jaringan, sekaligus memonitor dengan ketat kualitas air dalam jaringan perpipaan. Ini untuk menjamin kualitas air minum yang baik, sesuai standar kesehatan yang berlaku. 

"Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum.  Kami terus mengecek  kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan," kata Menteri Basuki seperti dikutip dari siaran pers, Selasa, 23 Juli 2024.

Penjelasan Pramono Anung Soal Pengunduran Dirinya Resmi 22 September Sebab Ada Sidkab di IKN

Dia berharap, pada akhir Juli 2024, SPAM Sepaku dapat beroperasi penuh melayani persil dan gedung-gedung di IKN Nusantara.

Perlu diketahui, SPAM Sepaku terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter/ detik, pipa transimisi 16 km, reservoir dan pipa distribusi 22 km. SPAM Sepaku tahap I ditargetkan akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kemensetneg, Paspampres, kompleks Kemenko 1,2,3, dan 4, Amphiteather, Galeri, Service Area, Hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan dan rumah sakit.

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Pertama di IKN

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor selama 40 hari di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kaliman

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024