Begini Cara Bupati Nina Agustina Pastikan Pemuda Indramayu Gampang Dapat Kerja

Bupati Indramayu Nina Agustina
Sumber :
  • Istimewa

IndramayuPemuda yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa, mempunyai keresahan yang cukup menghawatirkan, yakni tidak memiliki pekerjaan alias pengangguran. Hal itu juga yang ditakutkan oleh pemuda di Kabupaten Indramayu.

Tawuran Maut Pecah di Palmerah, Satu Pemuda Tewas Lehernya Ditebas Senjata Tajam

Namun di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina, keresahan tersebut dirasa tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya Nina menjelaskan bahwa pemuda Indramayu seharusnya mudah mencari pekerjaan, karena banyak sekali hal-hal positif yang bisa dilakukan oleh pemuda Indramayu untuk nantinya bisa membantu mencari pekerjaan dan mendapat penghasilan.

"Dan itu saya dan super tim saya dorong terus. Jangan sampai anak muda-anak muda Indramayu ini banyak yang nganggur. Kami selalu bantu, mulai dari memfasilitasi, mengadakan pembinaan, dan mendukung kegiatan kepemudaan yang positif," jelas Nina, Selasa, 23 Juli 2024.

Berkas Pendaftaran Masinton Pasaribu Sebagai Bacalon Bupati Tapteng Ditolak, Ini Penjelasan KPU

Bupati Indramayu Nina Agustina

Photo :
  • Istimewa

Belum lagi nanti saat kawasan industri di Indramayu mulai terbentuk dan berjalan. Sudah pasti lapangan pekerjaan terbuka lebar bagi para pemuda khususnya, dan masyarakat Indramayu umumnya. Baik itu bekerja di pabrik yang akan didirikan ataupun membuka wirausaha di kawasan industri tersebut.

Pekerjaan Prilly Latuconsina Dipertanyakan Netizen, Intip 6 Profesinya Selain Jadi Artis

"Tapi ingat kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) nya harus bagus. Makanya saya, dan super tim saya pastinya, mengusahakan dengan berbagai cara untuk terus meningkatkan kualitas SDM di Indramayu," katanya.

Usaha Nina agar pemuda Indramayu gampang cari kerja itu diakui oleh Nok Nang Dermayu 2022 (Pemenang Kategori Nang Dermayu berbakat 2022), Fayyaz Mumtaz Khairi Wardhana. Ia mengatakan, pemuda Indramayau akan gampang mencari kerja karena Bupati Nina Agustina punya kepedulian yang tinggi terhadap masa depan pemuda di Indramayu.

"Dengan catatan ya pemudanya itu sendiri mau berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas dirinya sendiri. Kalau ibu Bupati saya rasa sudah sangat peduli terhadap keresahan itu. Karena beliau acap kali memfasilitasi pemuda Indramayu yang tujuannya agar punya penghasilan," katanya.

Fayyaz memaparkan, bahwa salah satu contoh kepedulian Bupati Nina dalam memperhatikan masa depan pemuda Indramayu agar dapat mencari pekerjaan dan berpenghasilan adalah fasilitas yang diberikan oleh orang nomor satu Indramayu itu pada sektor wirasusaha.

"Atas dukungan penuh dari ibu Nina, Milenial indramayu setiap tahunnya juga difasilitasi kegiatan kewirausahaan pemuda, bagi milenial yang mempunyai hasrat tinggi dalam berbisnis," paparnya.

Adapun beberapa pelatihan yang diadakan atas inisiasi Bupati Nina Agustina, untuk menekan angka pengangguran dan mempermudah pemuda Indramayu mencari kerja diantaranya pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja. Disnaker Kabupaten Indramayu membuka program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, fokus pada pelatihan mengemudi mobil, las listrik, dan otomotif.

Selain itu ada juga pelatihan 1.000 Petani Muda Indramayu yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, serta pelatihan-pelatihan lainnya atas inisiasi Nina.

"Tujuannya tentu untuk tingkatkan SDM Indramayu, agar apa? Agar nanti mudah cari kerja, karena sudah banyak usaha yang saya lakukan sebagai Bupati bersama perangkat pemerintah terkait untuk memfasilitasi terkait kemudahan mencari pekerjaan," kata Nina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya