Hadiri Hari Anak di Papua, Jokowi Bagi-Bagi Hadiah

Presiden Jokowi Usai Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional, Jayapura.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sang istri, Iriana Jokowi, menghadiri peringatan Hari Anak Nasional di Jayapura, Papua. Di bumi Cendrawasih itu, Kepala Negara sempat membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak. 

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

"Yang bisa jawab saya beri hadiah mainan," kata Presiden dikutip dari disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 23 Juli 2024. 

Presiden Jokowi Usai Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional, Jayapura.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Paus Fransiskus Terharu Ada Momen Ini Sebelum Pimpin Misa Akbar di GBK

Kuis berbagai macam pertanyaan tersebut Jokowi berikan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Anak-anak yang mampu menjawab dengan benar akan diberi bingkisan mainan.

Mulanya, Jokowi memberikan kuis hitung-hitungan kepada anak-anak. Kuis kemudian dilanjut oleh Iriana yang bertanya soal tiga provinsi di Papua.

RK di Depan Warga Betawi: Saya dan Pak Prabowo Bestie, Gampang Kalau Ada Apa-apa

Kehebohan makin menjadi ketika kuis ketiga, yakni menghafal Pancasila. Saat itu, Presiden bertanya kepada seluruh anak Papua yang hadir di ruangan. Presiden mempersilahkan kepada anak-anak yang sudah hafal Pancasila dan berani maju ke depan panggung.

"Sini coba maju yang hafal Pancasila," kata Residen Jokowi.

Sejumlah anak langsung maju ke arah sumber suara. Mereka berlari dan mengacungkan tangan untuk menandakan hafal dan ingin membacakannya di hadapan Kepala Negara. 

Melihat banyak antusias, Jokowi kemudian meminta anak-anak duduk kembali. Ia lalu  mengatakan, akan menunjuk anak-anak terlebih dahulu, sebelum maju. 

"Sebentar, saya tunjuk baru maju. Kembali ke tempat nanti ditunjuk baru maju, ditunjuk baru maju," kata Jokowi. 

Presiden, berselang tak lama, lalu menunjuk tiga anak ke atas panggung. Ketiganya pun membacakan Pancasila satu per satu, dan diberikan bingkisan hadiah berisi mainan. 

Seorang anak perempuan bernama Sisilia, menjadi yang pertama membaca Pancasila. Pada momen itu pula, Sisilia sempat kurang lancar melantangkan sila ketiga Pancasila. 

Jokowi berseloroh, biasanya seseorang memang grogi ketika sudah berhadapan dengannya. 

"Sebentar, anak-anakku semuanya. Kalau pas di situ mudah, tapi kalau sudah di dekat Pak Jokowi, ini grogi. Jadi enggak boleh ditertawai. Ini pasti bisa Sisilia," kata Jokowi. 

Presiden Jokowi tanya jawab dengan anak SD di Papua

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Namun Sisilia akhirnya mampu menyebutkan Pancasila secara benar. Begitu pula dua anak lainnya yang sudah maju ke atas panggung. 

Jokowi kemudian bertepuk tangan dan memberikan hadiah kepada 3 orang anak yang bisa menyebutkan Pancasila.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya