Badan Geologi: Potensi Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki Masih Tinggi, Radius Bahaya 3 Km

Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur erupsi.
Sumber :
  • ANTARA

Kupang - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut potensi erupsi pada Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih tinggi.

35 Anggota DPRD Manggarai Periode 2024-2029 Dilantik, Semua Beragama Katolik

"Saat ini masih ada suplai dari dalam tubuh gunung api, sehingga untuk potensi erupsi dan juga lontaran batu pijar masih berpotensi tinggi," kata Ketua Tim Gunung Api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada Badan Geologi Heruningtyas Desi Purnamasari ketika dihubungi dari Kupang, Senin, 22 Juli 2024.

Gunung Lewotobi Laki-laki merupakan gunung api aktif di NTT yang kini berada pada tingkat aktivitas level III atau Siaga.

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Bendungan Temef Guna Tingkatkan Tampungan Air di NTT

Arsip - Visual erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Kamis, 2 Mei 2024.

Photo :
  • ANTARA

Dengan adanya suplai dari dalam tubuh gunung api, kata Heruningtyas, maka erupsi masih terus menerus terjadi.

Gunung Awu Mengalami 165 Kali Gempa Vulkanik Dangkal, Menurut Badan Geologi

Hal itu pun tercatat dari laporan Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki. Dari data pukul 00.00 Wita hingga 16.00 Wita hari ini, sudah tercatat ada tujuh kali letusan dengan tinggi kolom abu tidak teramati hingga 800 meter.

Dengan kejadian erupsi terus menerus, Badan Geologi mencatat ada beberapa desa yang terdampak sebaran abu vulkanik. Di sisi barat, terdapat desa atau dusun antara lain Wolorona, Klatanlou, Goliriang, Hokeng, dan Pululera. Selanjutnya di sisi barat daya terdapat desa atau dusun antara lain Padang pasir, Boru, Wotupudor, dan Kumaebang. Sisi barat laut atau utara terdapat Desa Dulipali.

Dengan potensi erupsi yang masih tinggi tersebut, Badan Geologi mengingatkan masyarakat dan pengunjung untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Arsip - Visual erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Kamis, 2 Mei 2024.

Photo :
  • ANTARA

Rekomendasi serupa juga berlaku pada 4 km arah sektoral Utara-Timur laut dan 5 km pada sektor Timur Laut dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya