Operasional Pemulangan Berakhir, 62 Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA Nasional – Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air telah berakhir. Tercatat hingga 21 Juli 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi atau 22 Juli 2024 pukul 01.00 WIB, jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 213.568 orang.

Absen Rapat Pansus Alasan ke Makkah, Pegawai Kemenag Ternyata Ada di Kantornya

Mereka tergabung dalam 548 kelompok terbang (kloter). Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, hari ini, Senin, 22 Juli 2024 pukul 01.00 WAS, 316 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 30 asal Embarkasi Kertajati (KJT-30) menjadi kloter terakhir yang diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah menuju Bandara Kertajati di Jawa Barat, sekaligus menutup operasional pemulangan jemaah ke Tanah Air.

Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Amphuri

“Dan hingga akhir operasional pemulangan berakhir, jemaah haji  reguler wafat pada musim haji tahun ini berjumlah 461 orang,” ungkap Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Suasana pelepasan kloter penutup fase pemulangan jemaah haji Indonesia 2024

Photo :
  • Madia Center Haji 2024
Setelah Haji, Geni Faruk Ungkap Thariq Halilintar Keliling 30 Negara di Usia 6 Bulan

“Sementara jemaah haji yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) ada 62 orang, baik di Jeddah, Makkah maupun Madinah,” ujar Widi, pada Senin 22 Juli 2024.

“Semua jemaah haji yang masih dirawat di RSAS tetap menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia hingga jemaah dapat pulang ke Tanah Air,” pungkas Widi.

Proses pemulangan kloter terakhir jemaah haji Indonesia di Madinah ini dilepas langsung Konjen RI Yusron B. Ambary, Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kadaker Bandara Abdillah beserta pejabat lainnya yang berada di Arab Saudi dan disaksikan seluruh Petugas Haji  Daker Bandara. Jemaah haji Kloter KJT-30 dilepas di Paviliun 2 Bandara AMMA Madinah.

Suasana pelepasan kloter penutup fase pemulangan jemaah haji Indonesia 2024

Photo :
  • Media Center Haji 2024

Selama masa operasional haji 1445 H/2024 M, menurut Kepala Daker Bandara, Abdillah telah melayani kepulangan 212.719 jemaah dan 2.745 petugas kloter. Mereka terbagi dalam 553 kloter.

Ketua PPIH Arab Saudi, Nasrullah Jasam juga mengucapkan selamat kepada jemaah haji Indonesia yang telah menyelesaikan rangkaian ibadahnya dengan lancar.

Nasrullah pun berharap semua itu dilakukan dengan ikhlas, sehingga predikat haji mabrur dapat tercapai.

Selain itu, sejumlah apresiasi juga diberikan kepada sejumlah pihak, baik PPIH di Tanah Air maupun PPIH Arab Saudi yang memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji secara maksimal.

Selain seremoni pelepasan oleh PPIH Arab Saudi, ada pemandangan menarik saat prosesi pemulangan kloter terakhir asal Indonesia.

Jemaah haji kloter KJT 30 ini juga melalui tradisi pelepasan di terminal haji internasional oleh pihak Kementerian Haji Arab Saudi, Otorita Bandara Saudi dan Maskapai Saudia Airlines di atas karpet hijau yang digelar mulai pintu masuk terminal haji sampai gerbang imigrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya