4 Pesawat Dikerahkan untuk Modifikasi Cuaca Demi Pembangunan Bandara VVIP di IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek progres pembangunan Bandara Ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Senin, 3 Juni 2024.
Sumber :
  • BKIP Kemenhub

Jakarta – Pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih terus berlanjut, termasuk bandara yang ditargetkan rampung seutuhnya pada Desember 2024. Sedangkan penerbangannya diharapkan minimal bisa dimulai Juli 2024. Bandara ini akan melayani pesawat besar seperti Boeing 777-300ER dan Airbus A380.

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

Bandara VVIP IKN, yang merupakan bandara khusus untuk mendukung kegiatan pemerintahan di IKN juga sedang dibangun. Pada awal pengoperasiannya, bandara ini hanya akan melayani penerbangan untuk keperluan pemerintahan. Namun, nantinya Bandara VVIP IKN direncanakan untuk penerbangan komersial dengan runway sepanjang 3.000 meter.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, empat pesawat telah dikerahkan untuk memodifikasi cuaca demi kelancaran pembangunan Bandara VVIP di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

"Sekarang ini kami sudah mengerahkan empat pesawat (teknologi modifikasi cuaca) untuk pengkondisian udara, tetapi masih hujan juga," kata Budi dilansir dari Antara, Mimggu, 21 Juli 2024.

Budi mengungkapkan bahwa tantangan terbesar pembangunan Bandara VVIP IKN yang diberi nama Nusantara Airport adalah hujan yang terjadi secara terus menerus di wilayah Kalimantan Timur.

Jokowi Jelaskan Alasan Tunda Pemindahan ASN ke IKN

Oleh karena itu, pihaknya bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk melakukan upaya modifikasi cuaca guna mendukung pembangunan Bandara menjadi lebih cepat.

"Tapi memang harus diakui bahwa hari-hari di sana (Kalimantan Timur) itu hujan terus, bulan lalu (Juni) itu satu bulan, ada delapan hari saja yang bisa beroperasi (pengerjaan pembangunan Bandara VVIP IKN)," jelas Budi.

Budi mengaku bahwa pihaknya juga telah diundang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang dijadwalkan pada Kamis 25 Juli 2024 dengan agenda menyampaikan laporan terkait progres pembangunan Bandara VVIP IKN.

"Nanti hari Kamis, kami akan diundang rapat oleh Bapak Presiden (Joko Widodo). Tentu kami berusaha sesuai dengan rencana untuk 17 Agustus," kata Budi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek progres pembangunan Banda

Photo :
  • BKIP Kemenhub

Proses pembangunan bandara VVIP yang diminta cepat ini supaya dapat melayani tiga pesawat saat 17 Agustus 2024 yang merupakan tanggal peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini karena Jokowi, Prabowo Subianto, dan jajaran pemerintahan lainnya direncanakan hadir di IKN untuk merayakan ulang tahun Indonesia ke-79 itu.

Progres pekerjaan fisik Bandara IKN hingga minggu ke-25 mencakup pengerjaan baja, plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP dan VIP, serta struktur lantai 1-4 Gedung ATC. Selain itu, ada pengerjaan pilecap dan plumbing di Gedung Administrasi, minipile di Gedung PK-PPK, serta struktur atas gedung substation. Pekerjaan lainnya meliputi struktur gedung peribadatan, lab karantina, power house, cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di jalan utama dan perimeter, serta fondasi pompa, GWT, STP, dan rumah dinas.

Sebelumnya, pembangunan Bandara IKN telah dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Jokowi bersama Budi Karya Sumadi dan beberapa menteri lainnya pada 1 November 2023.

Pembangunan Bandara IKN sendiri dilakukan dengan kontrak tahun jamak dari tahun anggaran 2023 hingga 2024, dengan Kementerian Perhubungan bertanggung jawab atas fasilitas darat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk fasilitas udara. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya