Ratusan Warga Papua Dapat Sembako dan Pengobatan Gratis dari Lanud Silas Papare

Tampak mama Papua saat diperiksa kesehatannya oleh Personel Lanud Silas Papare
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

VIVA – Lanud Silas Papare membantu pemerintah dengan berbagai kegiatan dalam mengatasi permasalahan kesulitan masyarakat yang membutuhkan, khususnya di wilayah Jayapura, Papua

Tinggalkan Indonesia, Paus Fransiskus Tiba di Papua Nugini

Melalui program Panglima TNI, Lanud Silas Papare melaksanakan Serbuan Teritorial TNI 2024 pada masyarakat di wilayah Jayapura.  Hal tersebut merupakan Inovasi TNI dalam tugasnya membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dan membantu tugas pemerintahan, dilakukan melalui solusi alternatif yang bersifat masif dan menyentuh peri kehidupan Bangsa Indonesia. 

“Solusi alternatif tersebut digelorakan oleh Pimpinan TNI dengan slogan “Serbuan Teritorial,” ujar Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah kepada awak media di Lapangan Rugby Lanud Silas Papare, Sabtu 20 Juli 2024.

Pemuda Asal Papua Ingin Jadi Guru Demi Selamatkan Kampungnya yang Sudah Tidak Ada Guru

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • Puspen TNI

Ia mengatakan, serbuan Teritorial TNI TA 2024 yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan ke 77 Hari Bakti TNI AU, sebagai wujud penghormatan terhadap jasa pahlawan, sekaligus meneruskan perjuangannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

OPM Klaim Bakal Bebaskan Pilot Susi Air, Satgas Damai Cartenz Bilang Begini

“Serbuan Teritorial ini merupakan Direktif Panglima TNI tentang Pelaksanaan Kegiatan Serbuan Teritorial TNI Di Wilayah Lanud Silas Papare Tahun 2024 yang diterbitkan pada tanggal 9 Juli 2024 lalu,”tuturnya.

Dikatakan Danlanud, dalam Serbuan Teritorial TNI Tahun 2024 ini, Lanud Silas Papare melaksanakan  program kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan. Adapun program yang dilaksanakan dalam membantu Pemerintah adalah melalui kegiatan ketahanan pangan dan perbaikan prasarana umum.   

Berbagai program rehabilitasi dan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum yang dibangun untuk kebutuhan masyarakat, yang diaplikasikan dengan beberapa program yaitu renovasi atau perbaikan ruang kelas SD Angkasa. Pembuatan saluran air sepanjang 115 meter untuk mengatasi banjir di Jalan Raya Kemiri, Kampung Hinekombe Distrik Sentani Kab. Jayapura. 

Kemudian pembuatan MCK dan bak penampungan air di Kampung Yongsu Sapari, Distrik Revenirara Kabupaten Jayapura. Pembuatan lapangan volley ball  di Yongsu Sapari Distrik Revenirara dan pembukaan  lahan dan pendampingan penanaman jagung di lahan Lanud Silas Papare seluas 15 Ha. 

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Mohamad Tonny Harjono.

Photo :
  • Tangkapan layar Sekretariat Presiden

Sementara untuk kegiatan sasaran non fisik bakti kesehatan berupa pelayanan kesehatan pemeriksaan ibu hamil secara massal di Kampung Hinekombe, dan pencegahan stunting, pemeriksaan PMS dan IVA serta pemeriksaan gigi. Pengobatan Massal, Screening Kesehatan, Pemeriksaan Gigi dan Mulut, Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual, dan Pembagian Sembako.

“Kami juga lakukan pembagian sembako pada 300 masyarakat  di Jayapura. Dan kegiatan  Komsos berupa safari subuh dan anjangsana ke panti asuhan,” ungkap Danlanud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya