Simak Upaya Bea Cukai Optimalkan Pengawasan Barang Ilegal di Purworejo dan Belawan

Bea Cukai jalin sinergi dengan berbagai pihak terkait
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Tegaskan perannya sebagai community protector, Bea Cukai jalin sinergi dengan berbagai pihak terkait. Kali ini upaya tersebut dilakukan Bea Cukai di dua wilayah, masing-masing di Magelang bersama Kejaksaan Negeri Purworejo, serta di Belawan bersama Polres Pelabuhan Belawan.

Komitmen Berikan Kemudahan Pelayanan, Bea Cukai Banten Terima Penghargaan

Jalin sinergi di Purworejo, Bea Cukai Magelang gelar kunjungan ke Kejaksaan Negeri Purworejo pada Rabu, 17 Juli 2024. Dalam pertemuan tersebut keduanya sepakat akan menjalin kerja sama dan koordinasi terkait penyidikan serta penyerahan berkas P-21 terkait pelanggaran khususnya di bidang cukai.

Menurut Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, pada tahun 2023, peredaran rokok ilegal meningkat menjadi 6,87%. Mengingat target penerimaan cukai hasil tembakau di tahun 2023 adalah Rp218,6 triliun, berarti terdapat potensi penerimaan negara yang tidak terselamatkan sebesar Rp15,01 triliun.

Bea Cukai Malang Musnahkan Barang yang Dinyatakan Tidak Dikuasai

“Jadi dengan kerja sama ini, kami berupaya agar penerimaan maksimal dan masyarakat terhindar dari perdaran barang ilegal,” sambungnya.

Sementara di Belawan, pada hari yang sama Bea Cukai Belawan dan Polres Pelabuhan Belawan gelar pertemuan di Kantor Bea Cukai Belawan. Keduanya sepakat akan mempererat kerja sama dan koordinasi dalam upaya penegakan hukum, khususnya pencegahan peredaran barang-barang ilegal di wilayah perairan dan Pelabuhan Belawan. Selain itu, keduanya juga membahas strategi dan langkah-langkah konkret yang akan diambil ke depan untuk memperkuat pengawasan dan pengamanan di wilayah pelabuhan.

Jalin Sinergi, Bea Cukai Blitar dan Satpol PP Tulungagung Amankan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

“Pertemuan ini adalah momentum untuk memperkuat sinergi dan kerja sama antara Bea Cukai dan Polres Pelabuhan Belawan, sehingga dapat lebih efektif dalam mencegah dan menindak peredaran barang-barang ilegal serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Pelabuhan,” tutup Encep.

Bea Cukai Kalbagsel hadiri pemusnahan barang bukti narkoba hasil pengungkapan

Bea Cukai Kalbagsel Hadiri Pemusnahan Narkoba Hasil Ungkap Ditresnarkoba Polda Kalsel

Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) hadiri pemusnahan barang bukti narkoba hasil pengungkapan Ditresnarkoba Polda Kalsel.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024