Ratusan Bangunan di Aceh Utara Rusak Diterjang Angin Kencang

173 bangunan di Aceh Utara rusak diterpa angin kencang. (istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Aceh – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengakibatkan setidaknya 173 bangunan rumah, toko, dan lapak pedagang buah di wilayah itu, rusak berat.

Cek Harga Bapok di Pasar Soponyono Surabaya, Jokowi Pamit ke Warga

Kasi Humas Polres Aceh Utara, Iptu Bambang mengatakan, peristiwa itu terjadi sejak Kamis sore, 18 Juli 2024, yang melanda 23 desa di Kecamatan Tanah Luas. Dari data yang dihimpun pihaknya, hingga saat ini sudah 173 bangunan yang rusak.

"Akibat hujan deras disertai angin kencang menyebabkan kerusakan signifikan pada bangunan warga," ujar Iptu Bambang, Jumat, 19 Juli 2024.

Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diprakirakan Diguyur Hujan Hari Ini

Tim gabungan dari kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah Aceh Utara, serta relawan setempat telah dikerahkan untuk membantu evakuasi dan pendataan kerusakan.

"Saat ini kami fokus pada evakuasi warga yang terdampak serta pendataan kerugian material," sebutnya.

Dikira Masjid Istiqlal, Cuitan Uskup Agung Australia Bikin Warganet Ngakak: Itu Tanah Abang Roma

Sementara itu, warga yang terkena dampak bencana ini beberapa di antaranya mengungsi ke rumah kerabat akibat atap rumah mereka diterpa angin, dan sebagian diantarannya rusak karena tertimpa pohon yang roboh.

Dari 173 bangunan yang dilaporkan rusak diantarannya yaitu 90 unit rumah, 6 unit toko, 3 cafe, 70 lapak pedagang (sayur/ buah dan ikan) serta 4 unit kios.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa akibat kejadian ini. Namun, pihak berwenang terus memantau situasi dan melakukan upaya maksimal untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut.

Bakal cagub Jakarta Ridwan Kamil saat menghadiri acara deklarasi dan selayang pandang bersama Badan Musyawarah (Bamus) Betawi di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat, 6 September 2024.

RK Pamer 2 Kali Pimpin Daerah, Urus 50 Juta Penduduk

Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta, Ridwan Kamil atau RK memamerkan perbedaan dirinya dengan cagub lain di Pilkada Jakarta 2024

img_title
VIVA.co.id
7 September 2024