Ketika Prabowo Subianto Merasa Dirinya Lagi Dilatih oleh Jokowi Tampil Agar Tak Kaget Usai Dilantik

Presiden terpilih Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta - Setelah memenangkan Pilpres 2024, Prabowo Subianto yang saat ini masih menjabat Menteri Pertahanan, selalu bersama-sama Presiden Jokowi dalam banyak forum. Termasuk saat rapat kabinet, Prabowo bahkan duduk langsung di samping Kepala Negara.

Dasco Sebut Prabowo Tengah Godok Nama Menteri Kabinet

Prabowo yang juga Presiden terpilih 2024-2029, menyebut dirinya saat ini sedang dilatih oleh Presiden Joko Widodo, sebelum resmi dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 nanti. 

Hal ini diungkapnya saat menghadiri acara Geoportal Satu Peta 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024, mewakili Jokowi di St. Regis, Jakarta Selatan. 

Jokowi Bicara Angka 8 Identik dengan Prabowo: Urutan Presiden, Nomor Rumdin hingga Perolehan Suara

“Saya diinstruksikan mewakili Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo dan dalam hal ini, apa yang saya sampaikan sebetulnya adalah catatan-catatan pointers dari beliau (Jokowi),” ujar Prabowo dalam keterangannya Kamis, 18 Juli 2024. 

“Saya kira Bapak Presiden ternyata sedang melatih saya untuk supaya nanti tidak terlalu kaget gitu setelah saya dilantik insya Allah,” sambungnya.

Adik Prabowo Hashim Djojohadikusumo Tolak Tawaran Jadi Menteri: Jabatan Saya Saat Ini Tukang Pos

Cara Jokowi Patut Dicontoh

Prabowo Subianto temani Jokowi bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong

Photo :
  • istimewa

Selain itu, Prabowo juga menilai bahwa Presiden Jokowi sebagai sosok pemimpin yang baik dan patut dicontoh, karena tahu cara bagaimana menyiapkan penggantinya. Dalam hal ini, tentu saja Prabowo sebagai orang yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan negara.

“Itulah cara beliau salah satu pelajaran kepemimpinan yang kita terima adalah pemimpin yang legowo, kedua, pemimpin yang menyiapkan penggantinya,” lanjut Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Prabowo mengaku belakangan ini kerap diminta oleh Presiden Jokowi, untuk turut serta dalam sejumlah rapat kerja penting bersama dengan para menteri Kabinet Indonesia Maju 2024-2029. Bahkan duduk berada di dekat Presiden Jokowi, yang lazimnya hanya para menteri koordinator saja.

“Jadi, ini yang saya rasakan, beliau (Jokowi) sekarang hampir semua rapat kabinet, saya diikutsertakan dan duduknya sebelah Presiden sekarang,” ujar Prabowo.

Hadir dalam acara itu di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono. 

Kemudian Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya,Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya