KPK Minta 3 Wakil Menteri Baru Dilantik Jokowi Segera Lapor LHKPN

Presiden Jokowi Lantik Tiga Orang Wakil Menteri di Istana Negara
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah melantik tiga orang Wakil Menteri RI Kabinet Indonesia Maju pada Kamis, 18 Juli 2024. Adapun, Wakil Menteri yang baru dilantik yakni Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, Wakil Menteri Pertanian Sudaryono dan Wakil Menteri Investasi Yuliot.

Presiden Jokowi dan Prabowo Dijadwalkan Hadir pada Sesi Utama IAF dan HLF MSP 2024

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun meminta ketiga Wakil Menteri RI yang sudah resmi dilantik untuk segera melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). KPK juga baru akan melayangkan permohonan lapor LHKPN kepada tiga orang Wakil Menteri RI yang baru.

"KPK dalam waktu dekat akan mengirimkan surat imbauan pelaporan LHKPN kepada yang bersangkutan," ujar Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto saat dikonfirmasi pada Kamis, 18 Juli 2024.

Jokowi Bicara Angka 8 Identik dengan Prabowo: Urutan Presiden, Nomor Rumdin hingga Perolehan Suara

Wamen Keuangan Thomas, Wamen Pertanian Sudaryono, Wamen Investasi Yuliot

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Tessa mengatakan jika surat permohonan tersebut sudah dilayangkan, maka para pejabat negara yang baru dilantik akan diberikan waktu selama tiga bulan untuk melaporkan harta kekayaannya.

Prabowo Ngaku Belum Tentu Bisa Ikuti Jejak Jokowi: 7 Kali Rapat Sehari Bagaimana?

"Sesuai Peraturan KPK Nomor 02/2020, setiap penyelenggara negara yang baru pertama kali menjabat wajib menyampaikan LHKPN paling lambat 3 bulan sejak dilantik," kata Tessa.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga orang Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 18 Juli 2024. Adapun, wakil menteri yang dilantik dua orang di antaranya merupakan kader Partai Gerindra.

Tampak dalam pelantikan tersebut, hadir Wakil Presiden Maruf Amin, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Adapun, pengangkatan tiga Wakil Menteri ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45M Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Sementara, tiga orang Wakil Menteri yang dilantik yakni Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan dan Yuliot selaku Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala BKPM.

Setelah itu, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada tiga Wakil Menteri yang dilantik tersebut. Sebelum membacakan sumpah jabatan, Presiden Jokowi menanyakan terlebih dahulu kepada mereka yang mau dilantik.

“Sebelum saya mengambil sumpah janji, bersediakah saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?,” kata Jokowi dijawab bersedia oleh tiga Wakil Menteri.

Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggungjawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya