Jokowi Kunker ke Abu Dhabi, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa, 16 Juli 2024 (sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin, menjadi Plt Presiden. Hal tersebut dilakukan karena Presiden Jokowi melaksanakan kunjungan kerja ke Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UAE).

Presiden Sebut Program Bayi Tabung Tak Usah ke Luar Negeri, Bisa di RSHS

Penunjukkan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2024, tentang penugasan Wakil Presiden melaksanakan tugas Presiden.

"Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Persatuan Emirat Arab, pada tanggal 16 sampai dengan 17 Juli 2024 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air," tulis Keppres tersebut, dikutip Rabu, 17 Juli 2024.

Resmikan Bendungan Leuwikeris, Jokowi Ungkap Manfaatnya

Presiden Jokowi bersama Mendag Zulhas dan Mentan Amran Sulaiman di Lampung

Photo :
  • Setpres

Namun, Wakil Presiden tetap harus berkoordinasi dengan Presiden terlebih dahulu jika hendak mengambil keputusan atau kebijakan baru.

Jokowi Optimis Pembangunan Infrastruktur Tingkatkan Efisiensi Logistik

"Setelah Presiden berada di Tanah Air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden," tulisnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Zayed, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) pada Selasa, 16 Juli 2024 sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Penyambutan terasa istimewa karena Presiden PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) menyambut langsung kedatangan Presiden Jokowi di bandara tersebut.

Di bawah tangga Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan, Presiden MBZ langsung menyalami Presiden Jokowi. 

Tampak juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Infrastruktur PEA Suhail Al Mazrouei, Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis, Duta Besar PEA untuk RI Abdulla Salem Al Daheri, serta Atase Pertahanan RI di Abu Dhabi Brigadir Jenderal Muhammad Irawadi turut menyambut Presiden Jokowi.

Dari Bandara Internasional Zayed, Presiden bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama kunjungan di Abu Dhabi. Sepanjang perjalanan dari bandara menuju hotel, jalanan Abu Dhabi dimeriahkan dengan kehadiran umbul-umbul bendera Indonesia dan PEA.

Setibanya di hotel, Presiden Jokowo tampak disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang sudah tiba terlebih dahulu untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan kenegaraan ke PEA, Presiden Joko Widodo diagendakan untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden MBZ di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Rabu, 17 Juli 2024.

Presiden Jokowi Bersama Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ)

Photo :
  • Antara

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kerja sama kedua negara, utamanya dalam bidang ekonomi dan investasi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Abu Dhabi antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Mohamad Yusuf Permana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya