Gibran Mundur dari Wali Kota Solo, Wariskan 24 Proyek ke Wakilnya

Gibran bawa map berkas surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Gibran Rakabuming Raka telah menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo pada Selasa, 16 Juli 2024.

Menteri Pertanian Wanti-wanti Calo Proyek ke Jajarannya

Keputusan ini mengejutkan banyak orang, karena tidak ada informasi sebelumnya yang menunjukkan bahwa Gibran akan mengundurkan diri. Sebelum mundur, Gibran menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu selama masa jabatannya. Ia juga mengungkapkan alasan pengunduran dirinya terkait dengan persiapan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024, meskipun detailnya belum diungkapkan secara jelas.

“Ya selain untuk pelantikan yang masih di tanggal 20 Oktober nanti. Tentunya banyak hal yang harus kami persiapkan dari sekarang. Saya mohon doa dari teman-teman media semua, semoga semuanya dilancarkan,” kata Gibran, Selasa (16/7/2024).

Menggantung Harapan dari Ekonomi Digital

Gibran didampingi Teguh menyerahkan surat pengunduran diri kepada pimpinan DPRD Solo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Setelah proses pengunduran diri Gibran selesai, Teguh Prakosa akan menggantikan posisi Gibran untuk memimpin kota Solo dan melanjutkan 24 proyek warisan. Gibran menjelaskan bahwa proyek-proyek ini dikerjakan setelah selesainya 17 proyek prioritas pembangunan.

Sandiaga soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Harus Tahu Diri

“Ada 24, dikerjakan tahun ini,” ucap Gibran di Solo, pada Jumat, 7 Juni 2024, seperti dikutip dari Antara.

Dari seluruh proyek infrastruktur tersebut, beberapa di antaranya melibatkan revitalisasi sementara lainnya merupakan bangunan baru. Proyek ini juga mencakup kelanjutan pembangunan yang telah lama mangkrak.

Beberapa bangunan baru yang akan dibangun antara lain Rumah Sakit Kardiologi Emirates Indonesia, SDN Mojo, Puskesmas Banyuanyar, dan Pasar Joglo. Sementara itu, revitalisasi akan dilakukan pada gedung SMPN 16 Solo, Pasar Tanggulsari, dan Koridor Jalan Teuku Umar. Pembangunan GOR Indoor Manahan juga akan dilanjutkan agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Selain itu, penataan akan dilakukan di TMP Kusuma Bakti, Kawasan Flyover Manahan, dan Kampung Batik Kauman. Taman Balekambang Solo juga telah selesai dibangun dan tinggal menunggu peresmian untuk dibuka kembali.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Teguh mengungkapkan bahwa ada rencana pembangunan program-program di beberapa dinas yang akan segera dilaksanakan, termasuk di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian, serta Dinas Perdagangan. Saat ini, beberapa program tersebut sedang dalam proses lelang.

Gibran menyatakan bahwa beberapa proyek infrastruktur akan digunakan dari dana hibah Pemerintah UEA, sementara yang lain akan menggunakan APBD. Teguh juga mengonfirmasi hal ini.

"Sesuai pesan beliau, untuk pembangunan berproses. Ada APBD, DAK termasuk CSR dari UEA (pemerintah Uni Emirat Arab), ada yang baru dimulai seperti Jurug, kalau untuk bantuan sosial selesai," kata Teguh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya