Mengundurkan Diri, Ratusan ASN Pemkot Solo Bisa Lepas Gibran di Balai Kota

Gibran dikerubuti ASN untuk melepasnya menuju Gedung DPRD Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berkumpul di halaman Balai Kota Solo pada Rabu, 17 Juli 2024. Mereka berkumpul untuk melepas Gibran Rakabuming Raka yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo.

Jokowi Calls on Ministers to Support Prabowo-Gibran's Future Agenda

Para ASN Pemkot Solo tampak mengenakan seragam Korpri berwarna biru. Mereka telah berkumpul di depan area parkir mobil dinas Wali Kota hingga halaman Balai Kota Solo sejak pukul 07.45 WIB. 

Setelah menunggu hingga pukul 09.00 WIB, muncul informasi jika Gibran tidak jadi mampir ke Balai Kota Solo, tetapi langsung menuju Gedung DPRD Solo untuk mengikuti sidang paripurna terkait pengunduran dirinya sebagai Wali Kota Solo.

Dasco Bantah Hubungan Prabowo-Gibran Retak Gegara Akun Kaskus Fufufafa

Gibran dikerubuti ASN untuk melepasnya menuju Gedung DPRD Solo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Setelah itu, para ASN yang telah berkumpul sejak pagi pun bubar dan kembali ke ruang kerjanya masing-masing. Selang kemudian sekitar pukul 09.20 WIB, mereka kembali keluar untuk menyambut Gibran yang ternyata akan mampir ke Balai Kota Solo.

19 Caleg Terpilih DPR RI Resmi Mundur karena Maju Pilkada Serentak 2024

Alhasil, halaman area parkir mobil dinas Wali Kota itu pun dipenuhi ratusan ASN Pemkot Solo dengan membawa poster beraneka tulisan, di antaranya 'mantan terindah', 'matur nuwun Mas Wali', 'selamat bertugas menjadi Wapres’, dan lainnya.

Gibran yang naik mobil Nissan Juke berwarna putih, langsung turun dari mobilnya ketika mendekati halaman parkir wali kota. Kemudian, dia berjalan dan menyalami ratusan ASN yang berkumpul untuk melepasnya sebelumnya ke Gedung DPRD.

Gibran menyalami semua ASN yang hadir untuk pelepasan dari jabatannya Wali Kota Solo. Bahkan, Wakil Presiden terpilih itu dengan sabar meladeni permintaan foto bersama para ASN. Mereka memanfaatkan momen terakhir itu untuk foto bersama dengan Gibran.

Dalam kesempatan itu, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran ASN Pemkot Solo yang memberikan sambutan sangat meriah sebelum menghadiri sidang paripurna untuk penetapan pengunduran Wali Kota Solo. Tak lupa, ia juga menyanjung kinerja para ASN selama dirinya menjadi Wali Kota sangat bagus.

 "Ya terima kasih untuk segenap jajaran semua yang ada di Balai Kota selama kerja selama tiga tahun luar biasa sekali," kata dia di Balai Kota Solo pada Rabu, 17 Juli 2024.

Menurut dia, selama menjabat Wali Kota, para ASN memberikan pelayanan kepada publik dengan cepat. Baginya para ASN tersebut sudah memberikan pelayanan yang cepat seperti yang diinginkannya saat awal menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Semuanya fast respon dan sekali lagi terima kasih untuk kerja kerasnya semua yang ada di sini. Teman-teman ASN luar biasa sekali," ucapnya.

Sementara Sekda Pemerintah Kota Solo, Budi Martono mengatakan pelepasan yang dilakukan para ASN merupakan keinginan spontan dari para ASN. Pihaknya tidak ada rencana untuk menggelar acara tersebut.

"Ini tadi pagi teman-teman spontanitas aja. Hari ini beliau mau ke DPRD, maka reman- teman spontanitas mau menyampaikan terim kasih sekalian melepas beliau," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya