Profil Teguh Prakosa, Pengganti Gibran Usai Mundur Sebagai Wali Kota Solo

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Gibran Rakabuming Raka resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo kepada pimpinan DPRD Solo, Selasa (16/7/2024). Keputusannya ini mengejutkan banyak orang, terutama karena tidak ada informasi sebelumnya yang mengindikasikan bahwa ia akan mengundurkan diri. 

Menggantung Harapan dari Ekonomi Digital

Sebelum mengundurkan diri, Gibran telah mengekspresikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu selama masa jabatannya. Ia juga mengungkapkan alasan mengundurkan diri karena menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

“Ya selain untuk pelantikan yang masih di tanggal 20 Oktober nanti. Tentunya banyak hal yang harus kami persiapkan dari sekarang. Saya mohon doa dari teman-teman media semua, semoga semuanya dilancarkan,” kata Gibran, Selasa (16/7/2024).

Sandiaga soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Harus Tahu Diri

Gibran, bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, telah menyampaikan surat pengunduran dirinya. Setelah proses ini selesai, Teguh Prakosa akan menggantikan posisi Gibran untuk memimpin kota Solo. Berikut profil Teguh Prakosa!

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq
Arahan Jokowi ke LDII: Bantu Pemerintahan Prabowo-Gibran

Drs. Teguh Prakosa adalah seorang politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang lahir pada 10 November 1958. Teguh menempuh pendidikan di SD Kasatriyan dan SMP Kasatriyan, lalu melanjutkan ke SMA Negeri 4 Surakarta.

Setelah lulus sekolah, Teguh melanjutkan kuliah pada program studi Pendidikan Olahraga di Universitas Sebelas Maret. Setelahnya, ia bekerja sebagai Guru Olahraga di SMK Bhineka Karya dari tahun 1986 hingga 2009.

Teguh saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta untuk periode 2021–2024. Karier politiknya dimulai dengan menjadi anggota PDIP, dan kemudian ia menjabat sebagai Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Surakarta dari tahun 2000 hingga 2005.

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa

Photo :

Berkat dedikasinya, ia kemudian dipercaya untuk menjadi Sekretaris DPC PDIP Surakarta sejak tahun 2005 hingga sekarang. Selain kiprahnya di politik, Teguh juga dikenal sebagai figur yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pembangunan masyarakat di Surakarta.

Sebelum mendampingi Gibran sebagai Wakil Wali Kota Solo, Teguh pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surakarta dari tahun 2009 hingga 2014. Setelah itu, suami dari Serlly Yusnita ini terpilih sebagai Ketua DPRD Surakarta untuk periode 2014-2019.

Teguh Prakosa telah dipastikan akan berpartisipasi dalam Pilkada 2024 sebagai calon wali kota Solo. Pada Sabtu, 18 Mei 2024, Teguh telah menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran tahap penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota di PDIP Kota Solo. Ia menyatakan tidak memiliki relawan karena ia masih menjadi bagian dari struktur partai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya