Granat Nanas Aktif Ditemukan di Kompleks Pergudangan Kubu Raya

Personel Brimob Polda Kalbar mengamankan satu buah granat nanas yang diduga masih aktif di komplek pergudangan di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Senin 15 Juli 2024. (Humas Polres Kubu Raya)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Kalimantan Barat – Sebuah granat nanas aktif ditemukan seorang warga di antara celah pergudangan A9 dan A10 Parit Sembin, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) Senin 15 Juli 2024, sekitar pukul 14.45 WIB. 

Viral Kantor Desa di Kalimantan Barat Mirip Desain Istana Presiden di IKN, Netizen: Menyala!

Polisi yang menerima laporan tersebut langsung mengamankan lokasi dan melakukan evakuasi agar tidak mencelakai warga.

Kapolsek Sungai Raya, AKP Harianto, melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade mengatakan, granat nanas aktif tersebut awalnya ditemukan oleh seorang warga berinisial EN (43) yang saat itu mencari barang bekas di lokasi pergudangan Parit Sembin.

Polsek Kumpeh Ilir Hancur Berantakan Diobrak-abrik Warga, Ini Penyebabnya

Usai menemukan sebuah granat nanas di celah antara pergudangan A9 dan A10, EN langsung melaporkannya kepada satpam pergudangan.

"Kemudian satpam tersebut ke lokasi dan langsung menghubungi pihak Polsek Sungai Raya untuk ditindaklanjuti," terang Ade, Selasa 16 Juli 2024.

Usai Ledakan di Rumah Cagub Aceh Bustami, Polisi Amankan Sejumlah Bukti Ini

Penampakan granat nanas (foto ilustrasi)

Photo :
  • Dok. Istimewa

Personel Polsek Sungai Raya segera tiba di lokasi, mengamankan area, dan memanggil tim Jibom Brimob Polda Kalbar. Tim yang dipimpin oleh Wadanden Brimob Polda Kalbar, AKP Agus Suparpto, bersama Kasubden 2 Jibom Brimob Polda Kalbar, bergerak cepat untuk mengevakuasi granat tersebut. 

"Granat tangan jenis nanas langsung dievakuasi Jibom Polda Kalbar menuju lapangan Tembak Polda Kabar untuk dimusnahkan dengan cara diledakkan sesuai prosedur agar tidak ada korban," ungkapnya.

Ade mengimbau, agar warga berhati-hati jika menemukan hal serupa dan segera melaporkannya ke pihak kepolisian, serta jangan sesekali menyentuh barang tersebut agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kegiatan pemusnahan Alhamdulillah berjalan aman," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya