Viral Oknum PPK di Kabupaten Tangerang Pesta Miras, Ini Respons KPU

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar saat berikan keterangan pers
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Video dengan durasi tujuh detik viral di media sosial dan aplikasi pesan singkat. Dalam video itu menunjukkan aktivitas sejumlah pria yang tengah duduk, dengan memperlihatkan adanya minuman keras (miras) dalam botol dan gelas, lalu ada beberapa dokumen di atas meja.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

Dalam keterangan dari video yang tersebar, diketahui para pria itu diduga merupakan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Dikonfirmasi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Muhammad Umar, membenarkan atas beredarnya video dugaan kegiatan pesta miras yang dilakukan sejumlah oknum anggota PPK Rajeg.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

Ilustrasi surat suara pilkada serentak

Photo :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

Dari hasil klarifikasi terhadap oknum anggota PPK itu, dia mengakui, memang sedang melaksanakan kegiatan minum-minuman keras usai bertugas dalam proses Pilkada 2024, dengan tahapan verifikasi faktual atau verfak pada pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang jalur independen atau perseorangan.

Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh Tu Sop Meninggal Dunia

"Terkait video ini. sebagai langkah awal sudah kita lakukan pemanggilan ketua PPK-nya sebagai bentuk pembinaan KPU. Dan meminta klarifikasi," katanya, Selasa, 16 Juli 2024.

Dia melanjutkan, “Para oknum itu sedang mengerjakan tugas bersama-sama PPK dan PPS. Namun, ada yang membawa minum (miras) sebagai penghangat badan. Dan itu sudah di ingatkan juga oleh ketua PPK.”

Atas perbuatan itu, KPU Kabupaten Tangerang telah memberikan sanksi teguran sebagai langkah pembinaan dari KPU. Para anggota PPK Rajeg tersebut juga telah meminta maaf atas adanya kejadian tersebut. "Kita sudah tegur agar tidak mengulangi terkait hal itu lagi," ujarnya.

Adik kandung eks ajudan Jokowi, Agus Irawan dan calon wakil bupati Dwi Fajar Nirwana resmi mendaftar di KPU Boyolali

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Pasangan bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati Boyolali, Agus Irawan-Dwi Fajar Nirwana melakukan silaturahmi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Boyolali, Jawa.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2024