Gedung Server Universitas Udayana Ludes Terbakar, Api Menyambar Pura

Gedung Global Development Learning Network (GDLN) milik Universitas Udayana terbakar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Denpasar – Gedung Global Development Learning Network (GDLN) milik Universitas Udayana dilalap si jago merah pada Selasa, 16 Juli 2024 siang. Api yang berkobar di gedung yang digunakan sebagai pusat server di Kampus Sudirman itu meluluhlantakkan bangunan.

7 Orang Tewas dan 12 Terluka dalam Peristiwa Kebakaran Hotel di Bucheon Korsel

Angin yang bertiup kencang memperparah keadaan. Percikan api sempat terbawa angin dan menyambar pura yang berlokasi sekitar 15 meter dari gedung yang terbakar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar I Made Tirana mengatakan, pihaknya menerima informasi dari  Pusdalops pukul 13.40 WITA.

Satu Rumah di Kompleks Istana Kadriyah Pontianak Terbakar, 5 Meninggal Dunia

Ilustrasi pemadam kebakaran.

Photo :
  • Reporter-News

"Pukul 13.45 kami sudah di sini (lokasi kebakaran). Penyebabnya masih dilakukan pengecekan, fokus kita pemadaman api dulu dan sekarang baru tinggal pendinginan saja," jelas Made Tirana di lokasi kebakaran, Selasa, 16 Juli 2024.

Viral Kereta Api Terobos Kobaran Api di Karawang, PT KAI Buka Suara

Dalam upaya memadamkan api, Damkar Kota Denpasar menerjunkan 7 armada. Petugas berjibaku memadamkan api termasuk, api yang mulai terlihat muncul dari atap ijuk yang berada di tempat persembahyangan.

Tirana menambahkan, untuk pemadaman api di Pura, petugas harus membongkar atap ijuk untuk memastikan tidak ada api yang ada di dalam bahan yang mudah terbakar itu.

"Armada dari empat pos kita kerahkan semua termasuk armada cadangan," ujarnya.

Gedung server di Kampus Universitas Udayana, Jalan Jendral Sudirman, Denpasar itu, terlihat sudah lama. Material kayu yang mudah terbakar mempersulit proses pemadaman.

"Dari strukturnya gedung lama sesuai keterangan pihak Unud, yang kerangkanya masih menggunakan kayu, itu yang membutuhkan waktu untuk pendinginan," kata Tirana.

"Astungkara penanganannya lancar tidak ada hambatan, mudah-mudahan pendinginanannya cepat selesai," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya