Zulhas Temui Jaksa Agung Usul Bentuk Satgas Barang Impor Ilegal di Indonesia

Jaksa Agung dan Mendag
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyambangi Kejaksaan Agung mau mengusulkan pembentukan Satgas (satuan tugas) pakaian impor ilegal.

Bea Cukai Bojonegoro Berhasil Gagalkan Rokok Ilegal Senilai Rp1 Miliar yang Dibawa Mikrobus

"Kami minta dukungan dari Kejagung untuk membikin tim segera melihat ke lapangan," kata Zulhas pada Selasa, 16 Juli 2024.

Jaksa Agung dan Mendag

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon
Zulhas Tegaskan KIM Solid Dukung RK di Jakarta dan Dedi Mulyadi di Jabar

Kata dia, Satgas itu dibentuk buntut adanya ketidaksesuaian data impor pakaian yakni dari pakaian jadi sampai ke alas kaki.

"Jadi, kalau negara asal misalnya nilainya 360 juta dollar, di kita itu terdata 116 juta dollar. Jadi kalau data impor kita di grafik ternyata mungkin dua tiga kali. Sehingga dalam satu diskusi yang panjang, ditemukanlah banyak barang yang tidak terdata atau kita kategorikan ilegal yang membanjiri pasar Indonesia yang 7 macam tadi itu," kata Ketua Umum PAN ini.

Di Kongres PAN, Prabowo Singgung Pihak Haus Kekuasan yang Rugikan Bangsa

Dia menyebut buntut banyaknya pakaian impor ilegal, industri tekstil di Indonesia terancam tutup. Maka dari itu, kata dia, pembentukan Satgas terkait pakaian impor harus didorong.

"Saya udah atur ke Pak Jaksa Agung, lebih cepat lebih bagus. Mudah-mudahan minggu ini. Karena ini sudah dalam keadaan darurat," kata dia.

ilustrasi impor.

Ministry Evaluates on Relocating Import Ports to Eastern Indonesia

Trade Ministry is still evaluating a proposal to relocate import entry ports to eastern Indonesia, a move aimed at addressing the influx of key commodities and boosting d

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2024