Jokowi soal Peluang Kaesang Maju Pilgub: Jateng Bagus, Jakarta Juga Bagus

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa, 16 Juli 2024 (sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal peluang putra bungsunya sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Jimly Asshiddiqie: Jika Sampai 27 Agustus Belum Ada PKPU Baru, Kaesang Boleh Maju Pilkada

Menurutnya, tidak ada masalah jika Kaesang ingin maju di Jawa Tengah (Jateng) maupun Jakarta. Sebab, kedua daerah itu sama-sama bagus.

"Ya di Jawa Tengah bagus, di Jakarta juga bagus karena ini kan semua wilayah Indonesia," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa, 16 Juli 2024.

PDIP Beri 6 Syarat Anies Baswedan Kalau Mau Diusung Jadi Cagub Jakarta

Presiden Jokowi berikan keterangan pers.

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Belakangan, nama Kaesang Pangarep mulai dipertimbangkan partai politik (parpol) untuk maju dalam kontestasi Pilgub. Salah satu parpol yang mempertimbangkannya yakni Golkar.

Benarkah Krisdayanti Tidak Jadi Maju di Pilkada Kota Batu 2024?

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bahkan menawarkan duet antara kader partainya sekaligus pengusaha Jusuf Hamka dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu diungkap Airlangga usai menerima kunjungan dari Kaesang dan jajaran PSI di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis, 11 Juli 2024.

Airlangga awalnya mengatakan Golkar melihat tantangan untuk memimpin Jakarta sangat besar. Sebab, pihaknya ingin Jakarta bisa mengalahkan Thailand.

"Jakarta ini salah satu kota dengan penduduk 10 juta itu harus kita bisa mengalahkan Tailand, Bangkok untuk mengatasi kemacetan, sehingga tantangan utama Jakarta adalah infrastruktur," kata Airlangga kepada wartawan.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis, 11 Juli 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Guna mewujudkan hal tersebut, Golkar pun menawarkan sosok Jusuf Hamka atau Babah Alun mendampingi Kaesang jika ingin maju Pilkada Jakarta.

"Mas Kaesang seandainya beliau memilih Jakarta saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang-melintang di infrastruktur yaitu Babah Alun," ucap dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya