4 Nama Perwira TNI-Polri Peraih Adhi Makayasa 2024

Empat Perwira TNI-Polri Peraih Adhi Makayasa 2024
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyematkan penghargaan Adhi Makayasa terhadap empat alumni terbaik dari Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol). 

Sumbangsih Alumni Akpol 91 Batalyon Bhara Daksa Cetak Generasi Unggul Lewat Pendidikan

Penghargaan Adhi Makayasa itu diberikan dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2024. 

Jokowi sematkan Penghargaan Adhi Makayasa ke Empat Perwira TNI-Polri

Photo :
  • Tangkapan layar
Reuni 33 Tahun, Ketua Bhara Daksa Bersyukur 91 Alumni Sudah Berpangkat Jenderal

Berikut merupakan empat lulusan terbaik peraih penghargaan Adhi Makayasa Tahun 2024:

1. Letnan Dua Infanteri I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Miiliter (Akmil)

Momen Kapolri dan Istri Sapa 2 Anak Pemenang Lomba Cerpen, Beri Pesan Penting

2. Letnan Dua Pelaut Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut (AAL)

3. Letnan Dua Penerbang Jofanka Hendhico Arianto dari Akademi Angkatan Udara (AAU) 

4. Inspektur Polisi Dua Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Kepolisian (Akpol)

Selain menyematkan penghargaan Adhi Makayasa, Jokowi dalam upacara tersebut juga melantik dan dan mengambil sumpah 906 calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri. Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

Adapun 906 capaja yang dilantik terdiri dari 417 Capaja Akademi Militer (Akmil), 129 Capaja Akademi TNI AL (AAL), 113 Capaja Akademi TNI AU (AAU), dan 247 Capaja Akademi Kepolisian (Akpol).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2024 (sumber: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jokowi dalam sambutannya mengingatkan para perwira TNI-Polri merupakan tulang punggung pertahanan dan keamanan bangsa. Jokowi pun meminta mereka untuk menyiapkan diri dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Para perwira TNI-Polri, saudara-saudara adalah Bhayangkara dan pembela Tanah Air, tulang punggung pertahanan dan kemanan bangsa, untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia," kata Jokowi.

"Siapkan diri saudara-saudara, mengabdi pada bangsa dan negara, selalu setia dan dan siap berkorban, selalu memimpin dengan hati. Pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI. Pegang teguh tribrata dan catur prasetya Polri," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya