Presiden Jokowi Resmi Melantik 906 Capaja jadi Perwira TNI-Polri

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2024. Dalam upacara tersebut, Jokowi turut melantik dan mengambil sumpah 906 calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri. 

Tak Ada Kader PDIP, Ini Daftar 49 Calon Menteri yang Sudah Dipanggil Prabowo

Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2024 (sumber: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Politikus PDIP Sebut Pertemuan Megawati dengan Prabowo 1-2 Hari Lagi

Adapun 906 capaja yang dilantik terdiri dari 417 Capaja Akademi Militer (Akmil), 129 Capaja Akademi TNI AL (AAL), 113 Capaja Akademi TNI AU (AAU), dan 247 Capaja Akademi Kepolisian (Akpol).

Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah diikuti seluruh calon perwira remaja (capaja) yang hadir.

Ketua MPR Pastikan Jokowi Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” kata Jokowi membacakan sumpah perwira TNI dan Polri.

"Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga," ucap Jokowi diikuti perwira TNI.

“Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya," kata Jokowi diikuti perwira Polri.

"Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri tauladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," lanjut Jokowi diikuti seluruh perwira TNI dan Polri.

Sejumlah Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI dan Polri mengikuti pembekalan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2024 di antaranya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya