5 Tokoh Muda NU Temui Presiden Israel, Gus Ipul: Kunjungan Itu Melukai Perasaan Kita Semua

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Sekertaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyeyangkan terkait dengan sikap lima pemuda yang diduga mengatasnamakan NU dalam melakukan kunjungan bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog.

Makin Tercekik, Israel Potong Pendapatan Pajak Palestina Senilai Rp 27,8 Triliun

“Kelima orang tersebut tdk mendapat mandat PBNU. Juga tidak pernah meminta izin ke PBNU,” ujar Gus Ipul dalam keterangannya, Senin 15 Juli 2024.

Gus Ipul menjelaskan bahwa tindakan lima pemuda tersebut merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana ditengah panasnya situasi Israel dengan Palestina. Terlebih, NU merupakan organisasi berada di barisan depan mengutuk serangan terus menerus yang dilakukan Israel.

Kunjungan Mantan Mendagri Inggris ke Israel Didanai oleh Organisasi Zionis Anti-Muslim

“Kepergian mereka ke Israel adalah tindakan yang sangat sangat tidak bijaksana, membingungkan dan mendapatkan banyak kecaman yang nyata. Kunjungan itu juga melukai perasaan kita semua,” kata Gus Ipul.

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghiimbau Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk kembali ke jalan yang benar hang sesuai dengan NU

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Pemimpin Hamas: Putaran Terbaru Negosiasi Gaza "Gertakan" Belaka

Maka itu, Gus Ipul menerangkan bahwa saat ini PBNU tengah melakukan pendalaman terkait pertemuan tersebut. Bahkan, lima pemuda tersebut juga nantinya akan dipanggil untuk dimintai tabayun.

“Yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan dan penjelasan lebih dalam tentang maksud tujuannya, latar belakang dan siapa yg memberangkatkan serta hal hal prinsip lainnya,” ucapnya.

Selain itu, PBNU juga segera memanggil pimpinan Banom serta lembaga yang menjadi pengabdian kelima orang ini.

SekJen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di acara shalawatan di Surabaya.

Photo :
  • istimewa/Nur Faishal

“Ketua umum, juga akan memanggil pimpinan banom dan lembaga yang menjadi pengabdian yang bersangkutan,” kata Gus Ipul.

Ia menjelaskan bahwa jika ditemukan unsur pelanggaran organisasi maka lima orang tersebut langsung diberhentikan dari statusnya sebagai pengurus lembaga atau banom.

Sekadar diketahui, saat ini di media sosial viral sebuah foto yang memperlihatkan lima tokoh muda NU berpose bersama Presiden Israel. Foto mereka bersama Presiden Israel ini langsung heboh di dunia maya, bahkan menjadi trending topik di X.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya