Pengamanan Piala Presiden 2024 Diklaim Bakal Berstandar FIFA, Polisi di Luar Stadion

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengaku pihaknya telah memberi izin acara terkait pelaksanaan turnamen pramusim Piala Presiden 2024 yang dihelat pada 19 Juli 2024 mendatang.

Bripka Joko Jadi Penggali Kubur Secara Sukarela, Irjen Sandi Sampaikan Pesan Kapolri

Hal itu diungkap Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pasca menerima audiensi Ketua PSSI, Erick Thohir di Mabes Polri soal persiapan pengamanan Piala Presiden 2024.

"Hari ini kita melaksanakan rapat untuk mempersiapkan bagian dari event yang sudah dipersiapkan pramusim yaitu Piala Presiden dan tentunya kami Polri akan ikut mengawal proses penyelenggaraannya, izin sudah kita keluarkan," ujar dia, Senin, 15 Juli 2024.

Soroti Oknum Pati Polri Suka Flexing, Haidar Alwi: Harusnya Mereka Malu sama Kapolri

Piala Presiden

Photo :
  • Instagram

Eks Kepala Badan Reserse Kriminal itu menambahkan, pengamanan itu bakal berstandar FIFA seperti pengamanan kegiatan yang sebelumnya dilakukan.

Hadiah Kapolri untuk Bhabinkamtibmas Aiptu Agus Atas Aksi Heroik Amankan Pria Bersajam di Jaktim

"Dan kita sepakat bahwa kita mendukung apa yang menjadi kebijakan FIFA untuk mempersiapkan persepakbolaan Indonesia agar betul-betul mengikuti standar FIFA," ujar dia.

Dia menyebut, pihak kepolisian bakal melakukan pengamanan di bagian luar stadion. Apabila memang diperlukan, polisi bisa melakukan pengamanan di dalam stadion.

"Jadi polisi tetap ada, namun yang di dalam tetap diatur bahwa yang ada di sekeliling di dalam stadion adalah steward, tentunya tetap ada kepolisian namun kepolisian akan masuk manakala kemudian ada permintaan untuk masuk. Jadi memang itu standartnya," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, turnamen pramusim Piala Presiden 2024 akan segera digelar. Ajang yang diikuti delapan tim ini digelar pada 19 Juli hingga 4 Agustus 2024.

Adapun total hadiah yang disiapkan juga tidak main-main. Tim yang juara Piala Presiden 2024 nantinya akan mendapat uang tunai sebesar Rp5 miliar. Turnamen pramusim itu sendiri diketuai oleh politikus asal Medan, Maruarar Sirait.

Bicara mengenai Piala Presiden, Arema FC berstatus sebagai tim tersukses. Singo Edan sudah tiga kali juara di ajang ini.

Terakhir kali Piala Presiden diadakan pada 2022. Arema FC menjadi juara usai menekuk Borneo FC dengan agregat 1-0.

Kala itu, final digelar dalam dua leg. Arema menang 1-0 dalam duel di Stadion Kanjuruhan Malang. Adapun laga di Stadion Segiri, Samarinda, berakhir imbang tanpa gol.

Dengan demikian, di Piala Presiden 2024 ini, Arema berstatus sebagai juara bertahan. Sebelumnya, Singo Edan juga juara di edisi 2017 dan 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya