Terlibat dalam Kunjungan Presiden Israel, Zainul Maarif Akan Jalani Sidang Etik

Zainul Maarif Akan Jalani Sidang Etik buntut kunjungan ke Israel
Sumber :
  • Foto: LinkedIn dan X

Jakarta – Pengajar filsafat Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) sekaligus tokoh muda NU Zainul Maarif, akan menjalani sidang etik oleh Unusia.

Konflik dengan PKB, Gus Ipul Pastikan Kinerjanya Sebagai Menteri Sosial Tidak Terganggu

Zainul Maarif menjadi salah satu dari lima tokoh muda NU yang berkunjung dan foto bersama presiden Israel Isaac Herzog.

"Unusia akan menggelar sidang etik terhadap Saudara Zainul Maarif untuk mempertanggungjawabkan aktivitas yang bersangkutan," ujar Kepala Biro Humas Unusia Dwi Putri melalui keterangan resminya, Senin 15  Juli 2024.

Sepak Terjang Gus Ipul, Sekjen PBNU yang Dilantik Jokowi Jadi Mensos

"Mengingat kunjungan tersebut berdampak langsung bagi reputasi Unusia dan bertentangan dengan dengan nilai-nilai yang dianut Unusia," lanjutnya.

Universitas Nahdlatul Ulama indonesia (Unusia)

Photo :
  • dok. Unusia
Profil dan Rekam Jejak Gus Ipul, Sekjen PBNU yang Dilantik Jadi Menteri Sosial

Pihak Unusia menilai, pertemuan salah seorang pengajarnya itu adalah pertemuan secara individual, sehingga tidak ada kaitan apa pun dengan kampus Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia).

"⁠Pertemuan Saudara Zainul Maarif dengan Presiden Israel adalah aktivitas individual dan tidak memiliki keterkaitan apa pun dengan Unusia sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Perkumpulan Nahdlatul Ulama yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia," kata Dwi.

Kepala Biro Humas Unusia itu dengan tegas mengatakan bahwa Unusia mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina dan mengecam keras praktik genosida oleh Israel terhadap bangsa Palestina yang sejak Oktober 2023 hingga kini masih terus berlangsung. 

Sebelumnya diberitakan, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin yang berkunjung dan foto bersama dengan Presiden Israel Isaac Herzog viral di media sosial.

Pertemuan kelima Nahdliyin yang berfoto bersama presiden Israel kemudian trending di media sosial X hingga mendapat banyak kritikan dari warganet alias netizen.

kelima tokoh muda NU tersebut adalah Gus Syukron Makmun, Zainul Maarif, Munawar Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izzah Annafisah Dania.

Pihak NU pun tidak mengetahui kunjungan kelima tokoh NU yang berangkat ke Israel, namun NU menegaskan kalau kunjungan mereka itu bukan atas nama organisasi.

“Kemungkinan kunjungan mereka atas nama pribadi. Kita tidak tahu tujuannya apa dan siapa yang mensponsorinya. Ini tindakan yang disesalkan,” kata Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Hukum dan Media Savic Ali, Minggu Malam 14 Juli 2024 dikutip NU Online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya