Kebakaran Hutan Lindung di Danau Toba Samosir, Luas Area Terbakar Capai 100 Hektar

Kebakaran Hutan Lindung di Danau Toba, Kabupaten Samosir.(dok Dinas LHK Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Samosir – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di hutan lindung Siarubung/Dolok Sijonaha, tepatnya di Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mula Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Akibatnya lahan seluas 100 hektar terbakar.

7 Orang Tewas dan 12 Terluka dalam Peristiwa Kebakaran Hotel di Bucheon Korsel

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut, Yuliani menjelaskan berdasarkan keterangan dan informasi dari masyarakat anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Gerbang Berkumis, kebakaran itu terjadi pada Minggu siang, 14 Juli 2024, sekitar pukul 13.00 WIB.

"Luas lokasi yang terbakar kurang dari 100 hektar dan kemungkinan besar masih bertambah. Sampai laporan ini disampaikan, kondisi kebakaran masih belum padam," ucap Yuliani saat dikonfirmasi VIVA, Senin pagi, 15 Juli 2024.

Satu Rumah di Kompleks Istana Kadriyah Pontianak Terbakar, 5 Meninggal Dunia

(FOTO ILUSTRASI) Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Yuliani mengungkapkan titik koordinat lokasi Karhutla adalah N: 02°34',13" E: 098°39'23". Untuk proses pemadaman api melibatkan personel KPH Wil XIII Doloksanggul, Polres Samosir, TNI Kabupaten Samosir, Pemadam Kebakaran Samosir, BNPB Kabupaten Samosir.

Viral Kereta Api Terobos Kobaran Api di Karawang, PT KAI Buka Suara

Kemudian, Pemerintah Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Pemerintah Desa Boho dan masyarakat setempat.

Yuliani mengungkapkan kondisi lokasi kebakaran tersebut terjal dan berbukit. Sehingga tidak ada akses menuju titik api terbesar. Hal itu membuat petugas gabungan kesulitan melakukan pemadaman secara optimal.

"Melakukan pemadaman bersama-sama dengan pemadam kebakaran dan pemapas api. Saat ini, tim sedang berjaga-jaga dan memasuki lokasi yang berpotensi terjadi penyebaran," kata Yuliani.

Kebakaran hutan lindung di kawasan atau perbukitan Danau Toba, di Kabupaten Samosir ini pun viral di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya