Bertemu PM Papua Nugini, Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Bencana Tanah Longsor

Presiden Jokowi Bersama Perdana Menteri Papua Nugini James Marape
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

BogorPresiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG), James Marape di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat pada Senin, 15 Juli 2024. Pertemuan bilateral itu merupakan rangkaian kunjungan kerja Perdana Menteri Marape di Indonesia. 

Paus Fransiskus Terharu Ada Momen Ini Sebelum Pimpin Misa Akbar di GBK

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi turut mengucapkan duka cita yang mendalam terhadap bencana alam tanah longsor yang terjadi di Provinsi Enga, Papua Nugini pada Mei 2024 lalu.

"Yang Mulia PM Marape, selamat datang kembali di Indonesia. Izinkan saya sekali lagi menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah tanah longsor di Provinsi Enga, Papua Nugini," kata Jokowi.

Presiden Jokowi akan Berkantor di IKN 40 Hari Jelang Lengser

Presiden Jokowi Bersama Perdana Menteri Papua Nugini James Marape

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Di sisi lain, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia telah mengirimkan bantuan ke korban tanah longsor di Papua Nugini. Ia berharap agar bantuan tersebut dapat meringankan beban korban.

Tinggalkan Indonesia, Paus Fransiskus Tiba di Papua Nugini

"Sebelumnya, Indonesia juga telah menyampaikan bantuan untuk saudara-saudara kita di Papua Nugini yang tertimpa musibah tanah longsor. Semoga dapat meringankan beban warga yang terdampak," kata Jokowi.

Jokowi juga menyebut kunjungan kerja yang dilakukan oleh Perdana Menteri Marape dapat mempererat tali persaudaraan dengan Indonesia.

"Saya senang PM Marape dapat kembali berkunjung ke Indonesia, dan kunjungan ini menunjukkan semakin eratnya persaudaraan antara Indonesia dan Papua Nugini," tuturnya.

Adapun pertemuan yang digelar di ruang oval Istana Kepresidenan Bogor tersebut, Presiden Jokowi didampingi sejumlah delegasi di antaranya Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim; Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Muhammad Natsir Sahib

Rocky Gerung Dilaporkan ke Polda Metro usai Sebut Gibran Kerap Terima Setoran

Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Santri Indonesia (FOKSI) Muhammad Natsir Sahib mengadukan ucapan pengamat politik Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2024