Gubernur Surati Nadiem Dorong Sosok Ini Diangkat Jadi Kepala LLDIKTI Riau

Adolf Bastian Ketua Badan Pendidiri LLDIKTI XVII Riau (Doc: Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Riau – Beberapa organisasi masyarakat di Riau termasuk Gubernur Riau dan Kepulauan Riau (Kepri), meminta Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim untuk mengangkat mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau, Firdaus sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (LLDIKTI) wilayah XVII Riau-Kepri.

Gugatan Dikabulkan MK, Pemohon: Kampus Jadi Laboratorium Uji Gagasan Calon Kepala Daerah

Hal tersebut berdasarkan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Gubernur Kepulauan Riau Tanjungpinang pada 2 Mei 2024 dengan nomor /8oorag7.2n)isDiK-SET/2024, dan Rekomendasi Gubernur Riau dengan nomor 400.13.7.1/UM/1490 tertanggal 20 April 2024 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Pendidikan LLDIKTI XVII Riau, Adolf Bastian mengatakan, surat rekomendasi dari Gubernur Riau tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat yang diyakini mampu memimpin LLDIKTI XVII.

IHSG Diproyeksi Lanjut Menguat, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

"Saya bermohon, sebagai ketua Tim pendirian LLDIKTI Riau, pusat harus memperhatikan aspirasi daerah, apalagi dua Gubernur Riau dan Kepri, kampus dan masyarakat adat serta politisi asal Riau sudah menyuarakan dan mengirim dukungan tertulis untuk satu nama putra terbaik Riau, dipercaya memimpin kepala Lembaga Layanan pendidikan Tinggi XVII Riau Kepri," kata Adolf dalam keterangannya dikutip Senin, 15 Juli 2024.

Adolf berharap Mendikbud dapat mengakomodir surat rekomendasi dari Gubernur Riau tersebut, dan menjadikan Firdaus sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah XVII. Dia juga menyebut Firdaus merupakan putra terbaik asli Riau.

MK Kabulkan Permohonan Mahasiswa UI, Kampanye Pilkada Boleh di Kampus

Adolf juga menegaskan agar pemerintah tidak mengangkat Kepala LLDIKTI XVII yang bukan dari usulan masyarakat setempat. Sebab, dikhawatirkan akan ditolak oleh para tokoh dan masyarakat Riau-Kepri.

"Jangan sampai nanti timbul penolakan dari masyarakat Riau atas pejabat yang ditunjuk yang tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat, yang dipastikan akan memberikan beban tersendiri kepada pejabat yang terpilih. Bukannya sibuk bekerja tapi disibukkan dengan urusan menghadapi penolakan dari masyarakat, sayangkan," ucap Adolf. 

Oleh karena itu, Nadiem Makarim diminta untuk mengangkat Firdaus sebagai Kepala LLDIKTI XVII. Dia mengatakan, bahwa Firudaus merupakan usulan dari masyarakat dan tokoh beserta Universitas yang ada di Riau.

“Beda kalau yang dipilih putra yang mendapat dukungan dari kampus, Pemda Riau Kepri dan masyarakat luas, tentu akan lebih mudah mengadakan pendekatan dan koordinasi dengan kampus yang ada di Riau Kepri dan pemerintah daerah serta masyarakat, karena sudah kenal dan dikenal oleh lingkungannya” pungkasnya.

Karyawan mengambil gambar layar pergerakan harga saham (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (Foto ilustrasi)

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas Dibayangi Koreksi, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

HSG menguat 0,27 persen ke level 7.554 pada penutupan perdagangan, Rabu sore. Analis prediksi IHSG menguat terbatas diimbangi koreksi. Ini saham-saham potensial cuannya

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2024